Hindari Kerumunan, BLT UMKM Dibagikan Per Desa

Daerah  KAMIS, 15 APRIL 2021 , 17:40:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

Hindari Kerumunan, BLT UMKM Dibagikan Per Desa

Pimpinan BRI Cabang Manna Riko Adiansyah/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Sejak dimulainya penyaluran Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM pada masyarakat, banyak warga yang secara berbondong-bondong mendatangi Kantor cabang dan unit BRI di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS).

Oleh sebab itu untuk menghindari kerumunan akibat penyaluran BLT UMKM tersebut, pihak BRI akan membagi jadwal penyaluran BLT UMKM per desa.

Tercatat sebanyak 21.975 warga BS, Seluma dan Kaur menerima BLT UMKM ditahun 2021 ini. Penyaluran BLT UMKM dari Kementrian ini dimulai sejak bulan Mei hingga Juni mendatang. Adapun besaran BLT UMKM tahun ini lebih kecil dibanding tahun sebelumnya, yakni Rp 1,2 juta sedangkan tahun lalu Rp 2,4 juta.

Dengan dicarikannya BLT UMKM melalui Bank BRI, secara otomatis warga langsung mendatangi Kantor Cabang BRI di jalan Sudirman dan semua unit BRI yang tersebar di beberapa kecamatan BS.

Sehingga hal ini membuat pihak BRI kewalahan dan terjadi kerumunan yang mayoritas tidak taat protokol kesehatan.

Untuk menghindari hal tersebut kembali terjadi, sejak tanggal 14 April lalu pihak BRI merubah jadwal penyaluran BRI yakni penyaluran per desa. Setiap hari unit BRI melayani dua desa per kecamatan. Sedangkan kantor cabang bebas boleh dari mana saja namun tetap dibatasi dengan maksimal no antrean 200.

Pimpinan BRI Cabang Manna Riko Adiansyah, saat dikonfirmasi membenarkan pihaknya telah merubah skema penyaluran BLT UMKM. Diungkapkannya, langkah ini dilakukan lantaran masyarakat susah untuk diatur dan menimbulkan kerumunan yang dikhawatirkan dapat membuat cluster baru bagi penyebaran virus corona.

Oleh sebab itu Riko memastikan dengan adanya jadwal penyaluran yang baru dan juga pihak BRI meminta penjagaan dari Satpol PP maka warga akan lebih tertib.

"Penyaluran BLT UMKM ini sebenarnya sampai tiga bulan kedepan. Namun masyarakat maunya serentak dan terjadi kerumunan. Sedangkan kapasitas BRI terbatas. Padahal BLT UMKM ini juga bisa diambil di seluruh BRI di Indonesia. Dan sekarang penyaluran kita bagi menjadi per desa untuk menghindari terjadinya kerumunan," terang Riko

Sementara itu Kepala Satpol PP BS Erwin Muchsin memastikan penyaluran BLT UMKM tersebut harus selalu tertib, pihak penyalur sebut Erwin telah diingatkan dan diperingatkan agar dapat mengatur warga lebih tertib.

"Anggota sudah diletakkan untuk berjaga disetiap kantor BRI, supaya lebih tertib. Dan kedepan tidak ada lagi kerumunan di BRI ataupun dimana saja," pungkasnya. [ogi]


Komentar Pembaca
Kabinet Amerika

Kabinet Amerika

JUM'AT, 02 APRIL 2021 , 09:57:00

MILAD IMM Ke-57, Dimulai Dengan Pertandingan Futsal Persahabatan
Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00