Bank Indonesia Akan Cek Peredaran Upal Di Seluma

Ekbis  MINGGU, 11 APRIL 2021 , 18:44:00 WIB

Bank Indonesia Akan Cek Peredaran Upal Di Seluma

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu, Joni Marsius/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Peredaran uang palsu jelang bulan suci Ramadhan 1442 H kembali terjadi di Kabupaten Seluma belum lama ini.

Penemuan uang palsu dengan pecahan seratus ribu ini dialami oleh salah seorang pedagang gorengan yang berjualan di depan SPBU Desa Sendawar, Kecamatan Semidang Alas Maras, Seluma.

Nyoya Iksan (30) seorang pedagang gorengan ini mengaku telah menerima uang palsu usai melakukan transaksi oleh salah satu pembeli nya di malam hari.  

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu, Joni Marsius mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan kerjasama dengan aparat penegak hukum untuk mengecek langsung apakah uang tersebut asli atau palsu.

"Kita akan cek bersama aparat penegak hukum apa uang itu benar palsu atau tidak dan nanti akan kita memberi masukan kepada aparat penegak hukum terkait teknik-teknik pemalsuannya," kata Joni Marsius, Minggu (11/4) kepada RMOLBengkulu.

Dalam  hal ini hanya Bank Indonesia yang berhak mengatakan uang tersebut asli atau palsu, kata Joni. Sehingga diperlukan koordinasi yang baik antara Bank Indonesia bersama dengan aparat penegak hukum.

Disisi lain, Bank Indonesia juga mendukung upaya -upaya yang dilakukan aparat penegak hukum dalam hal ini memberantas peredaran uang palsu di masyarakat terlebih lagi memasuki bulan ramadhan.

Serta menghimbau masyarakat agar lebih bijak dalam berbelanja terlebih lagi pandemi covid-19 saat ini belum berakhir.

"Bijaklah dalam berbelanja dan gunakan layanan-layanan yang tidak bertemu seperti pasar-pasar online," tutup Joni Marsius. [ogi]


Komentar Pembaca
Kabinet Amerika

Kabinet Amerika

JUM'AT, 02 APRIL 2021 , 09:57:00

MILAD IMM Ke-57, Dimulai Dengan Pertandingan Futsal Persahabatan
Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00