Bank Indonesia Dorong Akselerasi Digitalisasi Ekonomi Di Bumi Rafflesia

Ekbis  SABTU, 10 APRIL 2021 , 08:14:00 WIB | LAPORAN: TRI YULIANTI IMRAN

Bank Indonesia Dorong Akselerasi Digitalisasi Ekonomi Di Bumi Rafflesia

FEKDI 2021 Di Bumi Rafflesia/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (Kemenko Perekonomian) bersama Kementerian/Lembaga, asosiasi dan pelaku industri menyelenggarakan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2021. Jumat (9/4).

Kegiatan tersebut adalah salah satu langkah konkrit dalam mendorong integrasi ekosistem ekonomi dan keuangan digital yang inklusif dan efisien, baik di pusat maupun di daerah.

Khususnya di Bumi Rafflesia, kegiatan FEKDI
ini diharapkan dapat semakin memperkuat sinergi antar seluruh perangkat ekonomi keuangan daerah pada tingkat Provinsi, Kota, dan Kabupaten.

Seperti yang diungkapkan Kepala BI Perwakilan Bengkulu, Joni Marsius bahwa saat ini BI terus mendukung upaya bersama dalam mengakselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan nasional melalui langkah-langkah percepatan digitalisasi sistem pembayaran.

"Proses transformasi digital juga membutuhkan campur tangan dan bantuan dari segala pihak sehingga membutuhkan adanya sinergi antar institusi untuk akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan di Indonesia, khususnya di Provinsi Bengkulu," kata Joni Marsius, Jumat (9/4) kepada RMOLBengkulu.

Adapun langkah-langkah tersebut lanjut Joni, antara lain mendorong akselerasi digitalisasi keuangan melalui QR Code Indonesian Standard (QRIS) sekaligus mendorong kesuksesan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Wisata Indonesia (GBWI).

Lalu mempersiapkan Fast Payment 24/7 pembayaran ritel menggantikan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) guna mempercepat penyelesaian transaksi, mendorong digitalisasi perbankan melalui standardisasi Open Application Programming Interfaces (Open API), dan terus mendorong elektronifikasi transaksi keuangan daerah.

"Percepatan Pemulihan Ekonomi juga terus didorong oleh Bank Indonesia melalui penggunaan QRIS yang memungkinkan masyarakat tetap bertransaksi tanpa kontak fisik," sambungnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Bengkulu Rosjonsyah menuturkan dengan terselenggaranya FEKDI 2021 ini bisa memacu dunia perbankan dalam mendorong ekonomi keuangan digital khususnya di Provinsi Bengkulu.

"Sehingga kegiatan perbankan ke masyarakat dapat mempermudah dengan adanya ekonomi keuangan digital ini," ucap Rosjonsyah.

Dengan sistem inilah yang diharapkan pemerintah provinsi Bengkulu, kata Rosjonsyah. Ia berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan pemprov Bengkulu khususnya akan mendukung penuh keuangan digital ini.

"Kita akan mendukung sepenuhnya dan nantinya akan membuat kinerja pemerintah semakin mudah terlebih lagi pada masa pandemi covid-19," tutup Rosjonsyah. [ogi]


Komentar Pembaca
Kabinet Amerika

Kabinet Amerika

JUM'AT, 02 APRIL 2021 , 09:57:00

MILAD IMM Ke-57, Dimulai Dengan Pertandingan Futsal Persahabatan
Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00