Mulai Bulan Ini Perpanjang SIM Bisa Via Ponsel

Politik  KAMIS, 01 APRIL 2021 , 07:16:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Mulai Bulan Ini Perpanjang SIM Bisa Via Ponsel

Ilustrasi SIM/Net

RMOLBengkulu. Beragam inovasi terus dilakukan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dalam rangka menjawab kemajuan teknologi yang kian pesat.

Di bidang lalu lintas, Polri setidaknya mencanagkan empat program unggulan dalam rangka 100 hari masa kerja Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Salah satu program unggulan di bidang lalu lintas ini adalah mempermudah perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) baik A maupun C dengan menggunakan ponsel melalui aplikasi.

Kepala Korlantas Polri, Irjen Istiono menyebutkan, perpanjangan SIM melalui ponsel itu masih dalam tahap finalisasi. Harapannya, program tersebut bisa diluncurkan pada April 2021.

"Sesuai dengan rencana kita akan launching pada April 2021," kata Istiono dikutip dari Kantor Berita RMOLJakarta, Rabu (31/3).

Nantinya, jika program itu sudah diluncurkan, para pemilik dan pemegang SIM baik A maupun C tidak perlu lagi ke Satuan Administrasi SIM (Satpas) untuk melakukan perpanjangan.

Para pemegang SIM cukup mengakses aplikasi yang bisa diunduh baik melalui Appstore maupun Playstore, dan SIM baru akan di antar.

Menurut Istiono, empat program unggulan di bidang lalu lintas, termasuk perpanjangan SIM via ponsel itu bisa rampung sebelum Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2021 nanti.

Sementara itu, Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korlantas Polri, Brigjen Yusuf menjelaskan cara kerja aplikasi perpanjangan SIM tersebut.

Setelah mengunduh aplikasi, masyarakat akan diarahkan untuk verifikasi nomor telepon. Berikutnya, pada saat registrasi, masyarakat akan diminta menyertakan nomor induk kependudukan (NIK) atau nomor SIM yang akan diperpanjang.

Yusuf menyebutkan, nantinya sistem akan mengidentifikasi apakah nomor NIK atau SIM yang dimasukkan itu memang benar milik orang tersebut atau tidak.

"Jika palsu, maka akan otomatis terdeteksi sistem sehingga dibatalkan," tandasnya. [tmc]

Komentar Pembaca
Kabinet Amerika

Kabinet Amerika

JUM'AT, 02 APRIL 2021 , 09:57:00

MILAD IMM Ke-57, Dimulai Dengan Pertandingan Futsal Persahabatan
Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00