Optimalkan Penggunaan Dana CSR Untuk Membangun Pariwisata

Daerah  SENIN, 08 MARET 2021 , 00:04:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Optimalkan Penggunaan Dana CSR Untuk Membangun Pariwisata

Eddy Ramlan/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lebong, memastikan Dana Alokasi Khusus (DAK) hingga tahun 2024 tidak dikucurkan untuk Kabupaten Lebong. Kecuali 5 daerah di Indonesia yang menjadi Kawasan Strategis Nasional (KSN).
Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kabupaten Lebong, Eddy Ramlan mengungkapkan, walaupun dalam keterbatasan anggaran ia berharap perusahaan yang beroperasi di daerah itu dapat bersinergi dengan pemerintah.

Terutama dalam mengoptimalkan penggunaan dana CSR untuk pembangunan bidang pariwisata.

"Tetap semangat dan optimis walau anggaran kecil. Karena skema pembiayaan pembangunan dan pengembangan Pariwisata itu banyak. Selain APBD ada CSR dan investasi. Tinggal kita lagi mempromosikan dan menyiapkan regulasi dan relaksasi agar investor berminat berinvestasi di Lebong," ungkap Edyy, Minggu (7/3).

Dia mencontohkan, sebelumnya sudah ada perusahaan di daerah itu bersinergi dengan Pemkab Lebong dengan memanfaatkan dana CSR untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang pariwisata. Termasuk pengembangan industri UMKM Pariwisata.

"Sudah ada contohnya. Pelatihan dan sertifikasi skiper Arung Jeram dari pertamina. Lumayan besar dampaknya, kita Lebong sudah banyak punya skiper Arung Jeram. Selain itu ada juga pengembangan dan pengembangan gula semut dan bantuan alat pengolahan jeruk gerga," bebernya.

Menurutnya, dengan adanya kolaborasi antara forum CSR dengan pemerintah, akan ada percepatan terhadap pengembangan pariwisata. Sehingga menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung di wisata Lebong.

"Yang paling susah dan mahal serta butuh waktu lama adalah persiapan mental masyarakat Lebong agar siap menjadi masyarakat berbasis pariwisata. Sebab, membangun pariwisata itu bukan fisiknya saja. Tapi non fisik seperti sektor industri pariwisata UMKM, restoran, dan hotel," tuturnya. [tmc]


Komentar Pembaca
Kabinet Amerika

Kabinet Amerika

JUM'AT, 02 APRIL 2021 , 09:57:00

MILAD IMM Ke-57, Dimulai Dengan Pertandingan Futsal Persahabatan
Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00