Antisipasi Genangan Air, Warga Gotong Royong Bersihkan Selokan

Daerah  MINGGU, 07 MARET 2021 , 18:35:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Antisipasi Genangan Air, Warga Gotong Royong Bersihkan Selokan

Warga beserta perangkat desa saat foto bersama sebelum melakukan gotong royong/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Untuk mengantisipasi genangan air ataupun banjir akibat hujan yang turun deras beberapa hari ini, warga Desa Sungai Gerong Kecamatan Amen, Kabupaten Lebong, menggelar gotong royong membersihkan selokan di kawasan tempat tinggal mereka.
Kegiatan tersebut dilaksanakan dua hari, persisnya Jum'at (5/3) hingga Sabtu (6/3) kemarin dengan melibatkan unsur pemerintah Desa, BPD, lembaga kemasyarakatan Desa dan masyarakat setempat.

Kades Sungai Gerong, Hesdianto Eko Mareja mengungkapkan, Pembersihan selokan dilakukan dengan cara mengeluarkan lumpur dan sampah yang menyumbat aliran air.

Dengan cangkul dan sekop, warga bersama-membersihkan selokan di sekitar rumah mereka, termasuk sisa genangan air di lokasi tersebut.

"Jadi, dua hari digelar. Menyemprotkan sepanjang jalan dan memungut sampah organik sepanjang siring," ujar Eko sapaan akrabnya, Minggu (7/3).

Dia menandaskan, genangan air di sepanjang jalan desanya kerap terjadi ketika musim penghujan. Sebab, selokannya tidak mampu menampung air yang datang dari berbagai arah.

Untuk itu, dengan menumbuhkan kembali budaya kerja bakti dan gotong royong, diharapkan mampu mewujudkan desa Sungai Gerong yang bersih, sehingga lingkungan menjadi sehat dan memberikan kenyamanan bagi warga maupun pengguna jalan.

"Kegiatan rutin ini untuk menjalin kebersamaan, warga bisa bertanggungjawab atas kebersihan lingkungan sekitarnya, untuk hari ini kita membersihkan makam, dan jalan-jalan di blok manis,” tuturnya.

Dia menjelaskan, tujuan dilakukannya bersih-bersih di selokan idak lain adalah agar pengguna jalan dan warga setempat tidak terganggu, terlebih saat musim hujan tiba.

"Mudah-mudahan dengan pengurasan selokan tidak mengganggu pengguna jalan,” demikian Eko. [tmc]


Komentar Pembaca
Kabinet Amerika

Kabinet Amerika

JUM'AT, 02 APRIL 2021 , 09:57:00

MILAD IMM Ke-57, Dimulai Dengan Pertandingan Futsal Persahabatan
Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00