Susun RKPD Tahun 2022, Belanja Daerah Diefisiensi

Daerah  SABTU, 06 MARET 2021 , 01:06:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Susun RKPD Tahun 2022, Belanja Daerah Diefisiensi

Forum OPD/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pemerintah Kabupaten Lebong melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lebong bersama forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menggelar rapat penyelarasan perencanaan Rencana Kerja (Renja).
Kegiatan itu merupakan salah satu tahapan pedoman penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) TA 2022 mendatang.

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Bappeda setempat itu dibuka langsung Bupati Lebong, Kopli Ansori didampingi Wakil Bupati (Wabup) Lebong, Drs Fahrurozi, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Lebong, H Mustarani Abidin, Kepala Bappeda Lebong, Drs. Robert Rio Mantovani serta diikuti seluruh OPD dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Lebong.

Bupati Lebong, Kopli Ansori mengatakan, bahwa orientasi pembangunan dalam RKPD tahun 2022 adalah visi-misi kepala daerah 4 tahun kedepan. Untuk itu, kata dia, melalui forum OPD ini, diharapkan setidaknya 4 substansi utama yang dapat disepakati oleh perangkat daerah.

Di antaranya, singkronisasi program kegiatan prioritas, sinkronisasi Indikator dan target kinerja. Kemudian, kesepakatan pendanaan, kesepakatan pembagian tugas pelaksana program prioritas berdasarkan wewenang.

"Untuk itu, saya meminta kepada seluruh OPD untuk bisa berembuk dengan kecamatan untuk dapat membahas apa yang diusulkan di forum ini. Apa yang menjadi keluhan masyarakat dapat terealisasikan dengan baik dan jadikanlah skala prioritas bukan sekedar keinginan tetapi memang kebutuhan yang mendesak dan berdampak luas," ucap Kopli, Jum'at (5/3).

Sementara itu, Wabup Lebong, Drs. Fahrurozi, menambahkan, bahwa saat ini APBD Kabupaten Lebong dalam kondisi kategori rendah. Maka dirinya menegaskan, kepada seluruh OPD, Camat, FKPD Lebong, harus menyusun belanja secara efektif dan seefesiensi mungkin.

"Kedepan saya minta kepada seluruh OPD untuk mengurangi belanja-belanja yang mana tidak diperlukan, seperti belanja perjalanan dinas, belanja makan minum harian, makan minum rapat, belanja cetak, pengadaan, foto copi dan atk, honorerarium kegiatan, bimtek-bimtek sosialisasi," ungkap Wabup.

Kegiatan ini diadakan, lanjutnya, salah satu tujuan penyusunan RKPD Tahun 2022. Yakni, untuk menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah kabupaten dengan usulan program dan kegiatan hasil-hasil musrenbang RKPD di desa/kelurahan dan kecamatan.

"Tujuan kegiatan ini untuk menyelaraskan program usulan hasil dari musrenbang RKPD, untuk rencana kerja perangkat daerah. Kemudian, untuk mempertajam indikator serta target kinerja sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah," pungkasnya. [tmc]


Komentar Pembaca
Kabinet Amerika

Kabinet Amerika

JUM'AT, 02 APRIL 2021 , 09:57:00

MILAD IMM Ke-57, Dimulai Dengan Pertandingan Futsal Persahabatan
Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00