Cuaca Ekstrem, BPBD Imbau Warga Waspada Hujan Tinggi

Daerah  JUM'AT, 05 MARET 2021 , 17:47:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Cuaca Ekstrem, BPBD Imbau Warga Waspada Hujan Tinggi

Fakhrurrozi/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Beberapa hari terakhir, hujan turun dengan intensitas cukup tinggi terjadi di Kabupaten Lebong. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mengimbau masyarakat agar waspada terhadap potensi terjadinya bencana di saat cuaca ekstrem.
Kepala BPBD Kabupaten Lebong, Fakhrurrozi mengungkapkan, saat ini Lebong mulai memasuki musim penghujan. Perubahan cuaca ini berpotensi menimbulkan bencana alam seperti pohon tumbang, banjir, tanah longsor dan lainnya.

"Untuk itu, kita imbau agar warga selalu tetap waspada," kata Rozi sapaan akrabnya, Jum'at (5/3).

Ia mengaku, kenaikan debit air di Daerah Aliran Sungai (DAS) Lebong dikarenakan diguyur hujan memang terjadi, namun  untuk kondisi debit air saat ini masih dalam keadaan aman.

"Kita selalu memantau dan mengsiagakan anggota untuk memantau kondisi di lapangan, terlebih hujan susulan kemungkinan juga akan terjadi. Ini bentuk kesiagaan dalam menghadapi musim yang masih ektream," bebernya.

Dia menerangkan, ada 5 Kecamatan dalam Kabupaten Lebong yang rawan terdampak bencana banjir dan tanah longsor. Kelimanya, yakni wilayah Kecamatan Lebong Selatan, Rimbo Pengadang, Lebong Utara, Pinang Belapis, dan Kecamatan Lebong Atas.

"Memang kenyataan di lapangan, intensitas hujan semakin meningkat. Karenanya masyarakat yang tinggal di daerah rawan longsor dan banjir mewaspadai terhadap lingkungan sekitar tempat tinggalnya," tutupnya. [tmc]


Komentar Pembaca
Kabinet Amerika

Kabinet Amerika

JUM'AT, 02 APRIL 2021 , 09:57:00

MILAD IMM Ke-57, Dimulai Dengan Pertandingan Futsal Persahabatan
Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00