Kasda Kota Pindah Ke BPRS Fadhilah, Dugaan Korupsi BaBe Segera Naik Tahap Penyidikan

Hukum  RABU, 24 FEBRUARI 2021 , 21:46:00 WIB | LAPORAN: AJI FAISAL

Kasda Kota Pindah Ke BPRS Fadhilah, Dugaan Korupsi BaBe Segera Naik Tahap Penyidikan

Net

RMOLBengkulu. Penyelidikan dugaan korupsi di Bank Bengkulu (BaBe) saat ini masih terus bergulir. Terbaru, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bengkulu, Agnes Triani menyebut jika tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat ini status perkara tersebut naik ke tahap penyidikan.

Penyidik Kejati Segera Panggil Saksi Ahli Dan Kumpulkan Alat Bukti

"Menurut laporan dari teman-teman (penyidik) itu akan dilanjutkan pemeriksaannya, nanti kita akan panggil saksi ahli dan calon tersangka," kata Agnes Triani kepada awak media, dikutip dari Bencoolentimes.com, Rabu (24/02).

Lebih lanjut, Kajati Agnes mengaku jika penyidik harus teliti dan melengkapi seluruh alat bukti yang diperlukan sebelum menaikkan status perkara ke tahap penyidikan.

"Jadi itu, kemudian alat bukti lain akan kita lengkapi karena kita butuh pembuktian formil dan materiil pada perkara ini. Jadi harus telliti lagi sebelum naikkan ke penyidikan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini ada tindaklanjut perkembangan kasusnya," tambahnya.

Sekedar mengingatkan, penyidik memeriksa jajaran pejabat BaBe untuk dimintai keterangan terkait pemberian Reward kepada seluruh bendahara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Provinsi Bengkulu dari tahun 2005 hingga 2019 yang ditafsir mencapai Rp 15 miliar. Diduga jumlah reward yang dibagikan ke bendahara yakni 1 persen dari jumlah pinjaman Aparatur Sipil Negara (ASN) di Bank Bengkulu yang mana reward  dibayarkan setiap bulan ke bendahara OPD oleh Bank Bengkulu.

Penyidik sendiri beberapa waktu lalu telah memeriksa beberapa saksi untuk dimintai keterangan. Diantaranya Dirut BaBe, Agus Salim, Mantan Dirut BaBe, Wimran Ismaun, Direktur Kepatuhan Neni, mantan Direktur Pemasaran Alfian, Kepala Bagian Pemasaran Dahliana Santi, dan Kepala Bagian teasury, Dianita Afrianti.

Kas Daerah Kota Bengkulu Pindah Dari Bank Bengkulu Ke BPRS Fadhilah

13 Oktober 2020 lalu Wakil Walikota, Dedy Wahyudi melantik pengurus PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Fadhilah milik Pemerintah kota Bengkulu. Dengan dikukuhkannya pengurus bank daerah tersebut, kas daerah Kota Bengkulu yang selama ini bekerjasama dengan Bank Bengkulu otomatis akan pindah ke PT. BPRS Fadhilah.

Politisi PAN dan Anggota DPRD Kota, Teuku Zulkarnain mengaku prihatin atas persoalan yang saat ini tengah menimpa Bank Bengkulu hingga menyita perhatian publik.

"Informasi yang saya terima, pemindahan kas daerah itu akan dilaksanakan tahun 2021 ini. Dasar pertimbangan adalah soal kemampuan modal bank syariah yg lebih besar, kemudian komitmen CSR yang lebih jelas,serta kemudahan lainnya yang lebih menguntungkan pemerintah daerah. Soal bahwa ada persoalan hukum di Bank Bengkulu tentu jadi perhartian pemerintah daerah tapi bukan menjadi dasar bagi permindahan Kasda," kata Teuku kepada RMOLBengkulu. [ogi]


Komentar Pembaca
Kabinet Amerika

Kabinet Amerika

JUM'AT, 02 APRIL 2021 , 09:57:00

MILAD IMM Ke-57, Dimulai Dengan Pertandingan Futsal Persahabatan
Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00