Limbah RSUD-HD Manna Berserakan Hingga Keluar Pagar

Daerah  SELASA, 23 FEBRUARI 2021 , 16:24:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

Limbah RSUD-HD Manna Berserakan Hingga Keluar Pagar

Tampak tumpukan limbah medis yang berbeda di luar gudang penyimpanan sementara/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang mengandung bahan infeksius yang berpotensi menularkan penyakit harus dikelola dengan baik, dalam penanganan dan pembuangannya tidak boleh sembarangan agar lingkungan sekitar tidak tercemar akan bahaya dari limbah tersebut.

Namun hal itu nampaknya tidak dihiraukan bagi Rumah Sakit Umum Hassanudin Damrah (RSUD-HD) Manna Bengkulu Selatan (BS), terlihat banyaknya limbah B3 yang berserakan bahkan terdapat tumpukan limbah di belakang gudang penyimpanan sementara.

Saat dikonfirmasi Kabid Sapras RSUD-HD Robert Ginting terkait banyaknya limbah B3 yang tidak dimasukkan kedalam gudang tersebut, membantah jika itu limbah B3.

"Bukan limbah B3, itu hanya botol plastik bekas minuman. Kalau limbah B3 lansung kita simpan tidak akan dibiarkan berserakan," kata Ginting saat dikonfirmasi awak media diruang kerjanya, Selasa (23/2).

Dirinya juga mengatakan, kalau yang dilakukan pihaknya sudah susuai dengan SOP akan limbah B3 tersebut dan untuk pengelolaan pihaknya sudah berkerjasama dengan PT Dame Alam Sejahtera (DAS) yang beralamat di kota Bengkulu.

"Semua sudah di pihak ketiga kan, paling lambat limbah B3 tersebut diangkut oleh DAS dalam dua minggu sekali, jangankan orang lain kita aja sebagai pengelola juga takut akan bahaya limbah ini, oleh karena itu semuanya kita masukkan kedalam dalam gudang tidak ada yang berserakan," ujarnya.

Sayangnya, pernyataan tersebut terbantahkan setelah awak media melihat langsung limbah medis seperti, bekas suntikan, jarum suntik, kantong infus, bekas masker dan alat pelindung diri yang terlihat bertumpuk dan berserakan di luar gudang. [ogi]


Komentar Pembaca
Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

SENIN, 04 JANUARI 2021 , 18:21:00

Tidak Ingin Persatuan Hilang

Tidak Ingin Persatuan Hilang

MINGGU, 15 NOVEMBER 2020 , 07:51:00