Dewan Nilai Pengelolaan Keuangan Masih Lemah

Daerah  SENIN, 22 FEBRUARI 2021 , 08:59:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Dewan Nilai Pengelolaan Keuangan Masih Lemah

Asman Mai Dolan/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lebong, Asman Mai Dolan menilai kinerja OPD pengelola keuangan di daerah itu belum maksimal. Hal ini terbukti dengan sejumlah catatan yang terjadi belakangan ini.
Misalnya, seperti penetapan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lebong Tahun Anggaran (TA) 2021, yang semula direncanakan melalui Peraturan Kepala Daerah (Perkada) hingga akhirnya berlanjut ke Peraturan Daerah (Perda). Termasuk tunda bayar serta defisit anggaran yang terjadi dalam dua tahun terakhir ini.

Teranyar, semua anggaran operasional kegiatan di Pemkab Lebong tahun 2021 ini belum bisa berjalan sejak Januari. Hal itu berbanding terbalik dengan daeah lain di Bengkulu. Permasalahan itu menjadi salah satu dampak dari Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) yang belum sempurna tetapi ngotot diimplementasikan.

Mantan Ketua DPRD Lebong ini mengingatkan, kepada OPD dalam pengelolaan keuangan agar selalu berpedoman dengan aturan yang berlaku.

"Kita ingatkan kepada OPD dalam pengelolaan keuangan agar selalu berpedoman kepada semua ketentuan yang berlaku," ujar Ketua Tim Pemenangan Bupati dan Lebong, Kopli Ansori-Fahrurrozi kepada RMOLBengkulu, Sabtu (20/2).

Ia juga meminta, agar pemkab mempelajari SIPD dengan aturan yang berlaku. Sebab, ia khawatir sistem baru ini nantinya bisa menimbulkan polemik di kemudian hari.

"SIPD harus benar-benar dipahami jangan sampai sistim baru ini salah cara mengoprasikannya sehingga banyak nomenklatur program kegiatan yang tidak tepat kodefikasi dan klasifikasinya," bebernya.

Tak hanya itu, ia juga menyebutkan, koordinasi antara Badan Anggaran (Banggar) DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) penting. Sehingga, penyerapan APBD TA 2021 dapat berjalan tepat waktu.

"Bila ada hal-hal yang masih ditagukan lebih baik kita duduk bersama antara TAPD dan Banggar DPRD," demikian Dolan. [tmc]


Komentar Pembaca
Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

SENIN, 04 JANUARI 2021 , 18:21:00

Tidak Ingin Persatuan Hilang

Tidak Ingin Persatuan Hilang

MINGGU, 15 NOVEMBER 2020 , 07:51:00