Laporan Bunuh Diri Terbantahkan, Oknum ASN Diduga Dibunuh

Hukum  SABTU, 20 FEBRUARI 2021 , 23:05:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Laporan Bunuh Diri Terbantahkan, Oknum ASN Diduga Dibunuh

IB saat diamankan petugas kepolisian di Mapolsek Lebong Utara/Ist

RMOLBengkulu. Kecurigaan keluarga atas kematian DF (30) salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Perkim Lebong di Desa Nangkai Tayau Kecamatan Amen Kabupaten Lebong, pada Jumat (12/2) lalu membuahkan hasil.

Sebelumnya korban dilaporkan meninggal dunia akibat bunuh diri. Keluarga yang curiga kemudian meminta polisi terus mendalami meninggalnya perempuan asal Air Meles Bawah Kecamatan Curup Timur Kabupaten Rejang Lebong.

Setelah dilakukan penyelidikan oleh tim dari Polsek Lebong Utara bersama Polres Lebong  diketahui bahwa DF ternyata diduga korban pembunuhan oleh suami korban berinisial YR (32) alias IB asal Nangai Tayau Kecamatan Lebong.

"Selama ini dilaporkan suami bunuh diri akhirnya terbantahkan. Karena dalam proses penyelidikan Polsek Lebong Utara dan Polres Lebong berhasil mengungkap pelaku gantung diri tersebut ternyata dilakukan oleh suaminya sendiri," kata Kapolres Lebong, AKBP Ichsan Nur melalui Kapolsek Lebong Utara, AKP Lunardi Naibaho, Sabtu (20/2).

Jebolan sarjana hukum ini menjelaskan, kasus ini terungkap berkat laporan keluarga korban. Sebab, saat memandikan jenazah DF, pihak keluarga mendapati luka yang tidak wajar di sekujur tubuh korban.

"Karena merasa janggal pihak keluarga korban kemudian melaporkan kasus ini kepada kami, minta segera mengungkap kasus ini," bebernya.

Berdasarkan laporan tersebut, tim Polsek Lebong Utata dan Polres Lebong melakukan penyelidikan.

Dari hasil pendalaman serta keterangan saksi, petugas berhasil mengungkap kasus tewasnya korban bukan akibat bunuh diri, melainkan mengarah ke pembunuhan.

Setelah dilakukan olah TKP pemeriksaan saksi saksi, hasil Visum, bahwa pelaku mengarah kepada suami korban dan suaminya juga tidak bisa mengelak lagi.

Menurut Kapolsek, biarpun selama satu Minggu ini suaminya tetap bertahan dan mengelak bahwa bukan dirinya pelakunya. Namun, berdasarkan bukti petunjuk, keterangan saksi, hasil visum yang didapati penyidik, akhirnya suaminya mengakui telah melakukan pembunuhan terhadap istrinya DF.

Setelah nyawa DF tidak ada. Kemudian IB mencoba mengelabui dengan cara digantung dengan tujuan seolah olah korban gantung diri.

Saat ini, IB telah diamankan petugas kepolisian di Mapolsek Lebong Utara, dan sudah ditetapkan sebagai tersangka.

"Sekarang sudah dilakukan penahanan oleh pihak Polsek Lebong utara. Dalam waktu dekat kita akan lakukan rekon," demikian Kapolsek. [tmc]

Komentar Pembaca
Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

SENIN, 04 JANUARI 2021 , 18:21:00

Tidak Ingin Persatuan Hilang

Tidak Ingin Persatuan Hilang

MINGGU, 15 NOVEMBER 2020 , 07:51:00