Kepala Daerah Terpilih Akan Dilantik Akhir Februari 2021

Politik  SENIN, 15 FEBRUARI 2021 , 19:22:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Kepala Daerah Terpilih Akan Dilantik Akhir Februari 2021
RMOLBengkulu. Kepala Daerah terpilih hasil Pilkada serentak Desember 2020 lalu, dijadwalkan akan dilantik pada akhir Februari 2021.

Tanggal pelaksanaannya, sekitar 25 atau 26 Februari 2021. Pelantikan akan dilakukan secara virtual ini tidak termasuk daerah yang hasil pilkadanya masih berproses di Mahkamah Konstitusi.

Kepala Daerah yang dilantik ini yang masa kerjanya habis pada bulan Februari 2021.
 
Hal tersebut diungkapkan oleh Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Drs Akmal Malik, M.Si dalam Rapat Video Conferensi dengan Sekretaris Daerah dari 270 daerah yang menyelenggarakan Pilkada serentak Desember lalu, Senin (15/2) sore.  

Rapat Vidcon di Pemkab Purbalingga diikuti Sekda Wahyu Kontardi, SH, Asisten Pemerintahan R Imam Wahyudi, SH, M.Si, Kabag Pemerintahan Setda Pandi, S.Sos, Kabag Humas dan Protokol Setda Ir Prayitno, M.Si, Kabag Hukum Setda Sugeng Subroto, SH dan Kepala Kantor Kesbangpol Gatot Budiraharjo, S.Sos.
 
Akmal Malik mengungkapkan, kepala daerah yang habis masa jabatannya pada Bulan Februari 2021 ini ada sebanyak 207 daerah. Untuk kepala daerah terpilih, selain yang berproses di MK, akan dilantik pada tanggal 25-26 Februari 2021.

Untuk pelantikan bupati/ wakil bupati, atau walikota dan wakil walikota akan dilakukan oleh Gubernur.  Pejabat gubernur jika masih kosong, maka akan dilantik oleh Mendagri.
 
"Dengan mengingat masih dalam suasana pandemik Covid, maka pelantikan akan dilakukan di daerah masih-masing. Misal, Gubernur akan melantik dari ibukota provinsi, dan kepala daerah akan dilantik virtual di daerah masing-masing. Ini untuk mengurangi mobilisasi massa, jika pelantikan dilakukan di provinsi,” katanya.
 
Akmal Malik menambahkan, untuk kepala daerah yang habis masa jabatannya pada Februari dan masih berproses di MK, maka pelantikannya akan diserentakkan pada bulan April bersamaan dengan kepala daerah yang habis masa tugasnya bulan Maret dan April.
 
"Kepala Daerah yang habis masa tugasnya bulan Maret ada 13 daerah, sedang yang habis pada bulan April ada 17 daerah. Sedang untuk kepala daerah yang habis masa tugasnya pada bulan Mei (11 daerah), Juni (17 daerah), Juli (satu daerah) dan September (dua daerah), waktunya akan ditentuan kemudian," tambahnya dilaporkan Kantor Berita RMOLJateng. [tmc]

Komentar Pembaca
Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

SENIN, 04 JANUARI 2021 , 18:21:00

Tidak Ingin Persatuan Hilang

Tidak Ingin Persatuan Hilang

MINGGU, 15 NOVEMBER 2020 , 07:51:00