KIA Dicanangkan Syarat Masuk Sekolah

Pendidikan  SABTU, 13 FEBRUARI 2021 , 03:58:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

KIA Dicanangkan Syarat Masuk Sekolah

Kadis Dukcapil Lebong, Elva Mardiana didampingi Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan (PDIP), Tri Handayani saat menyerahkan surat edaran Gubernur terkait pemberlakuan KIA di sekolah/Ist

RMOLBengkulu. Sekolah di wilayah Kabupaten Lebong diharapkan mendorong siswanya mengantongi Kartu Identitas Anak (KIA). Salah satu dorongan itu menjadikan KIA sebagai syarat masuk sekolah.
Kadis Dukcapil Lebong, Elva Mardiana melalui Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan (PDIP), Tri Handayani mengungkapkan, KIA sebagai syarat masuk sekolah sebagaitindaklanjut surat edaran Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah belum lama ini.

Pun surat edaran Bupati Lebong dengan nomor: 470/206/Dukpil/II/2020 tertanggal 29 Februari 2020 kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebong perihal KIA Di Lebong.

"Iya, sebenarnya sudah kita surati tahun lalu. Tapi, terbaru ada surat edaran terbaru dari gubernur untuk penerapan KIA sebagai syarat masuk sekolah. Kami sudah sampaikan dengan Dikbud, karena penerapannya tetap dari Dikbud," ujar Tri, Jum'at (12/2).

Dia mengutarakan, sejauh ini Dukcapil Lebong telah menerbitkan sekitar 24.903 keping KIA atau baru 82,58 persen anak dari total 30.158 anak yang wajib mengantongi KIA. Menurutnya, per 28 Januari 2021 masih ada 5.255 anak atau 17, 42 persen belum mengantongi KIA.

"KIA berlaku hingga anak sudah wajib ber-KTP, bahkan anak dari nol tahun sudah bisa mendapatkan KIA. Selain bermanfaat dalam pendidikan, untuk rekreasi akan ada benefit yang bisa didapatkan bagi anak yang memiliki KIA, diantaranya ketika berkunjung ke tempat wisata, kolam renang atau tempat hiburan anak lainnya," bebernya.

Lebih lanjut, kewajiban KIA untuk mendaftar sekolah untuk mendorong para orang tua agar tidak lupa mengurus akta kelahiran anak.

Sebab, salah satu syarat pembuatan KIA yakni dengan melampirkan akta kelahiran beserta kartu keluarga, KTP ayah dan ibu, dan foto anak bewarna 4x6 sebanyak dua lembar.

Dia berharap, kewajiban tersebut dituangkan bagi sekolah negeri maupun swasta. Bagi para calon siswa yang mendaftarkan diri namun belum memiliki KIA maka diwajibkan terlebih dahulu untuk mengurusnya.

"Sesuai edaran pak Bupati dan Gubernur pihak sekolah silahkan mengkoordinir dan penerbitan KIA di sekolah masing-masing. Nanti petugas Dukcapil akan menjemput dan mengambil berkas dokumen KIA," tutupnya. [tmc]


Komentar Pembaca
Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

SENIN, 04 JANUARI 2021 , 18:21:00

Tidak Ingin Persatuan Hilang

Tidak Ingin Persatuan Hilang

MINGGU, 15 NOVEMBER 2020 , 07:51:00