Ajak Warga Dukung Pelebaran Jalan Semelako-Karang Anyar

Daerah  RABU, 20 JANUARI 2021 , 18:58:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Ajak Warga Dukung Pelebaran Jalan Semelako-Karang Anyar

Sosialisasi yang digelar di Desa Semelako II/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Rencana Pemkab Lebong melakukan pelebaran badan jalan dari ruas jalan Desa Semelako sampai ke Desa Karang Anyar Kecamatan Lebong Tengah Kabupaten Lebong, disambut baik oleh masyarakat dan pemilik tanah setempat.
Buktinya, pada acara sosiaisasi yang digagas oleh Pemkab Lebong melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPR-P) yang berlangsung di Balai pertemuan Desa Semelako II Kecamatan Lebong Tengah, Rabu (20/1).

Sebagian besar masyarakat dan pemilik tanah menyatakan siap mewakafkan tanah maupun pagar rumah mereka untuk pelebaran jalan dimaksud.

Acara pertemuan yang berlangsung sekira pukul 11.00 WIB dan berakhir pukul 14.30 WIB itu turut dihadiri Sekda Lebong, Mustarani, Kapolres Lebong, AKBP Ichsan Nur, Kejari Lebong, Fadil Regan, perwakilan Kodim 0409 Rejang Lebong.

Hadir pula pula Kadis PUPR-P Lebong, Joni Prawinata, Kabid Bina Marga Dinas PUPR-P beserta jajaran dan perwakilan warga sepanjang jalan yang hendak dilebarkan itu.

"Maksud pertemuan ini adalah untuk menyampaikan program Pemerintah yang akan melakukan pelebaran badan jalan dari Semelako sampai ke Karang Anyar" ujar Sekda Lebong, Mustarani Rabu (20/1).

Sementara itu, dia memaparkan bahwa program pelebaran jalan tersebut dilakukan untuk kemudahan transportasi dan kemajuan Semelako sampai ke Karang Anyar kedepannya.

Sebab, dengan adanya program pelebaran jalan tersebut kedepan masyarakat akan lebih mudah dalam mengakut hasil pertaniannya dan melakukan pengembangan pemukiman baru.

"Jika jalan lebar tentu harga tanah ke depan juga akan naik. Langkah ini sangat tepat kita lakukan sekarang karena belum mengganggu rumah warga," bebernya.

Sementara itu, Plt Kadis PUPR-P Lebong Joni Prawinata melalui Kabid Bina Marga Haris Santoso menambahkan, ruas Jalan Kabupaten itu akan ditingkatkan lebarnya menjadi 1,5 meter sisi kiri, dan 1,5 meter sisi kanan dengan pagu Rp 7,6 Miliar yang bersumber dari APBD Lebong.

"Mudah-mudahan akhir bulan Maret akan kita mulai kontruksi," bebernya.

Dia menambahkan, tahun 2022 mendatang pelebarsn jalan akan ditingkatkan mulai dari Karang Anyar-Embong Panjang. Target sementara tahun 2021 ini adalah satu hingga dua kilometer. Namun, tidak tertutup kemungkinan bisa berkembang sesuai dengan kondisi lapangan dan ketersediaan anggaran.

"Jalan Kabupaten merupakan salah satu akses penting bagi masyarakat yang tengah menuju ke area persawahan maupun lalu lintas antar pemukiman," demikian Toso. [tmc]


Komentar Pembaca
Kabinet Amerika

Kabinet Amerika

JUM'AT, 02 APRIL 2021 , 09:57:00

MILAD IMM Ke-57, Dimulai Dengan Pertandingan Futsal Persahabatan
Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00