Bakal Berlangsung Pertengahan Tahun, Pilkades 2021 Terapkan Prokes

Daerah  JUM'AT, 15 JANUARI 2021 , 00:58:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Bakal Berlangsung Pertengahan Tahun, Pilkades 2021 Terapkan Prokes

Jafri saat menyampaikan sambutan di rapat koordinasi pelaksaan Pilkades yang digelar di Kantor PMDS Lebong/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu.Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong, tampaknya tidak akan menunda Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang diperkirakan bakal berlangsung pertengahan tahun 2021 ini. Bahkan, pemungutan suara Pilkades itu nanti akan menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.
Hal itu sebagaimana hasil rapat musyawarah yang difasilitasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Kabupaten Lebong di Aula ruang rapat, pada Kamis (14/1) kemarin.

Kadis PMDS Lebong, Reko Haryanto menjelaskan, pelaksanaan Pilkades serentak akan tetap menerapkan prokes. Itupun jika mengacu Permendagri Nomor 72 Tahun 2020 yang berisi revisi beberapa peraturan agar pemilihan kepala desa (pilkades) pada akhir 2020 dan awal 2021 dapat berjalan sesuai prokes.

Peraturan baru yang muncul berkaitan dengan prokes yang diterapkan di antaranya saat pemungutan suara, penghitungan suara, dan pelantikan kepala desa.

"Kita masih menyusun berbagai persiapan terkait pos-pos anggaran yang dibutuhkan untuk melangsungkan hajatan besar pelaksanaan Pilkades serentak 2021 nanti. Termasuk anggaran protokol kesehatan pencegahan penyebaran wabah Covid-19," kata Reko usai rapat, pada Kamis (14/1) kemarin.

Dia menambahkan, berkaitan dengan hasil rapat musyawarah persiapan Pilkades serentak ini, pihaknya telah meminta kepada seluruh unsur Muspida Pemkab Lebong beserta para rekan-rekan camat untuk menyiapkan berbagai regulasi sebelum Pilkdes diselenggarakan nanti.

"Tadi, (kemarin,red) kita meminta masukan dari semua pihak terhadap pelaksanaan Pilkades serentak 2021. Jadi diprediksi pelaksanaan Pilkades serentak akan dilaksanakan pada pertengahan tahun ini," ujarnya.

Sementara itu, Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Lebong, Jafri menambahkan, pelaksanaan Pilkades serentak kali ini tentu  sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, lantaran adanya pandemi Covid-19. Namun demikian, terkait pelaksanaan ini masih perlu dikaji ulang, baik itu dari segi anggaran maupaun persiapan pelaksanaannya.

"Masih akan kita bahas, jangan sampai nantinya menimbulkan permasalahan dikemudian hari. Terlebih, pelaksanaan Pilkades serentak itu telah dijadwalkan ditahun 2016, 2018 dan tahun 2020, jadi sangat perlu untuk kita kaji kembali," demikian Japri.

Pantauan di lapangan, hadir dalam rapat tersebut, Asisten I Setda Lebong, Jafri, Kadis PMDS, Reko Haryanto, Inspektur Inspektorat Jauhari Chandra, Kabag Ops Polres Lebong AKP Rafenil Yaumil Rahman, perwakilan Kejaksaan Negeri (Kejari) Lebong, Danramil Lebong Atas, Camat se-Kabupaten Lebong, dan para Forum Apdesi Kabupaten Lebong. [tmc]


Komentar Pembaca
Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

SENIN, 04 JANUARI 2021 , 18:21:00

Tidak Ingin Persatuan Hilang

Tidak Ingin Persatuan Hilang

MINGGU, 15 NOVEMBER 2020 , 07:51:00