Pasien Covid-19 Tetap Bisa Gunakan Hak Pilihnya

Daerah  KAMIS, 03 DESEMBER 2020 , 18:36:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Pasien Covid-19 Tetap Bisa Gunakan Hak Pilihnya

Ketua Divisi Parmas, Sosialisasi, dan SDM KPU Lebong, Effan Lavendes/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Setidaknya tercatat 9 warga Kabupaten Lebong, terkonfirmasi Positif Covid-19. Namun demikian, pasien positif Covid-19 akan tetap mendapatkan hak pilih dalam Pilkada serentak yang berlangsung 9 Desember mendatang.
Demikian diutarakan Ketua Divisi Parmas, Sosialisasi, dan SDM KPU Lebong, Effan Lavendes dalam keterangannya, Kamis (3/12) siang.

"Pemilih yang sedang menjalani rawat inap, isolasi mandiri atau positif terinfeksi Covid-19 berdasarkan data yang diperoleh dari perangkat daerah yang menyelenggarakan urusan di bidang kesehatan atau gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di wilayah setempat, dapat menggunakan hak pilihnya di TPS yang berdekatan dengan rumah sakit," jelasnya.

Di sisi lain, ia mengaku, ada dua petugas didampingi dua saksi menggunakan APD lengkap akan mendatangi pemilih pasien melakukan pencoblosan di tempat mereka diisolasi atau dirawat.

Untuk itu, ia mengimbau pasien positif Covid-19 tak perlu panik akan kehilangan hak pilihnya. Sebab, petugas KPPS dengan menggunakan APD lengkap akan mendatangi para pasien.

"Petugas nanti mendatangi pasien di tempat isolasi. Di setiap TPS kita akan siapkan selain alat pelindung diri juga pakaian hazmat untuk KPPS," tegasnya.

Nantinya, kata dia, KPU akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid -19 Kabupaten Lebong.

Koordinasi ini untuk memastikan data pasien positif Covid-19 yang tengah dirawat di rumah sakit maupun menjalani isolasi mandiri di rumah.

Selain itu, KPU juga berkoordinasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Pendataan kan di gugus tugas ya, nanti kita akan koordinasikan dengan gugus tugas pasiennya berapa, di mana, sampai kemudian kita akan memfasilitasi hak pilihnya itu dengan cara seperti apa," tuturnya. [tmc]


Komentar Pembaca
RMOL World View • Menjaga Gawang Pertahanan Indonesia
BINCANG SEHAT • Memandang Pandemi Dari Kacamata Relawan
Saat-saat HRS Dipindahkan

Saat-saat HRS Dipindahkan

KAMIS, 14 JANUARI 2021 , 21:15:00

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

SENIN, 04 JANUARI 2021 , 18:21:00

Tidak Ingin Persatuan Hilang

Tidak Ingin Persatuan Hilang

MINGGU, 15 NOVEMBER 2020 , 07:51:00