Ternyata Bawaslu Terima Dua Laporan Soal Dugaan Politisasi Bantuan PIP

Daerah  JUM'AT, 27 NOVEMBER 2020 , 19:16:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Ternyata Bawaslu Terima Dua Laporan Soal Dugaan Politisasi Bantuan PIP

Tim Sentra Gakkumdu Lebong, masih melakukan pembahasan, pada Jum'at (27/11) sore/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Ternyata Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lebong, menerima dua pelaporan terkait dugaan penyalahgunaan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) di Kabupaten Lebong.
Pertama, laporan melibatkan kepala sekolah (kepsek) yang dilaporkan Selasa (17/11) lalu sekitar pukul 11.00 WIB. Sedangkan, laporan kedua melibatkan salah satu Paslon Bupati Lebong, dan salah satu anggota DPR RI, dilaporkan pada Senin (23/11) kemarin.

Hal itu disampaikan Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Lebong, Sabdi Destian, pada Jum'at (27/11) di sela-sela rapat Tim Sentra Gakkumdu.

"Sudah kita terima (laporan paslon dan anggota DPR RI) pada Senin (23/11) lalu, dan baru selesai kajian awal untuk dilakukan perbaikan," katanya.

Dia menjelaskan, terkait laporan itu sesuai peraturan, Bawaslu mempunyai waktu dua hari untuk melakukan kajian awal apakah laporan tersebut memenuhi syarat formil dan materiil disebut sebuah pelanggaran.

Setelah pengkajian, apabila memenuhi syarat, Bawaslu akan melimpahkan kasusnya ke Gakkumdu untuk proses tindak lanjut laporan.

"Akan kita selesaikan secepatnya. Mungkin putusannya minggu depan," bebernya.

Terlebih, dia mengaku, untuk proses melakukan keputusan laporan pihaknya juga ada batasan waktu. Setelah pengkajian, apabila memenuhi syarat. Apabila dari laporan itu lengkap baru langsung diregister, dan akan ditindaklanjuti dalam waktu 5 hari.

"Waktu prosesnya lima hari, dari perbaikan pelaporan sudah lengkap," terang Sabdi.

Pantauan di lapangan, hingga pukul 17.05 WIB, untuk laporan dugaan politisasi bantuan PIP yang melibatkan Kepsek saat ini masih alot dalam pembahasan bersama Tim Sentra Gakkumdu. [tmc]


Komentar Pembaca
Kabinet Amerika

Kabinet Amerika

JUM'AT, 02 APRIL 2021 , 09:57:00

MILAD IMM Ke-57, Dimulai Dengan Pertandingan Futsal Persahabatan
Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00