Gelar Apel Gabungan Siaga Bencana Saat Turun Hujan

Daerah  KAMIS, 26 NOVEMBER 2020 , 00:40:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Gelar Apel Gabungan Siaga Bencana Saat Turun Hujan

Foto bersama usai apel gabungan/Ist

RMOLBengkulu. Bertempat di halaman Mapolres Lebong, Rabu (25/11) kemarin, digelar apel gabungan kesiapsiagaan menghadapi bencana serta kesiapan sarana dan prasarana.
Hal tersebut dilakukan, mengingat saat ini tengah dilanda musim penghujan dengan curah yang cukul tinggi, sehingga dikhawatirkan terjadi bencana banjir dan longsor mendadak.
Pejabat sementara (Pjs) Bupati Lebong, Herwan Antoni menyampaikan, walaupun saat ini seluruh masyarakat indonesia bahkan masyarakat dunia menghadapi bencana non alam berupa pedemi Covid-19. Namun, bukan berarti mengabaikan ancaman bencana alam.
"Dari itu kita melaksanakan apel gabungan kesiapsiagaan ini, dengan tujuan untuk mengetahui kesiapan kita dalam menghadapi kemungkinan terjadi bencana alam. Baik dari kesiapan personel, sarana dan prasarana serta logistik," sampainya, Rabu (25/11).
Lanjutnya, saat bencana terjadi akan selalu berdampak pada harta benda. Namun, dirinya berharap agar korban nyawa dapat dihindari.
"Maka, kesiapan siaga bencana ini bertujuan juga untuk mengingatkan masyarakat agar lebih waspada," imbuhnya.
Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebong, Fahrurrozi mengatakan, dengan dilaksanakannya apel kesiapan menghadapi bencana alam ini, diaharapkan kedepannya ada tindaklanjut.
"Kedepan kita berharap ada tindaklanjutnya untuk penanganan bencana. Baik persiapan sarana dan prasana maupun logistik dapat dipersiapkan. Karena BPBD belum ada alat berat, selama ini setiap ada bencana meminta bantuan kepada pihak PUPR-Hub. Dari itu, kita berharap kedepannya BPBD ada alat berat," pintanya.
Terlebih, dia juga mengimbau kepada masyarakat Lebong agar lebih waspada bencana pada musim penghujan saat ini.
"Kami harapkan masyatakat lebih waspada di situasi cuaca saat ini. Karena tingkat hujan curah hujan yang tinggi, sehingga bisa kapan saja terjadi banjir dan longsor," demikian Rozi. 
Pantauan di lapangan, apel gabungan dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana ini melibatkan, BPBD, TNI,  Polri, Perhubungan, Satpol PP, Tagana, Tim SAR dan Relawan. Turut hadir, Kapolres Lebong, AKBP. Ichsan Nur, Kajari Lebong, Fadil Regan, Kodim 0409 R/L, para Asisten Setda Lebong, Kepala OPD dan Camat se-Kabupaten Lebong. [tmc]


Komentar Pembaca
RMOL World View • Menjaga Gawang Pertahanan Indonesia
BINCANG SEHAT • Memandang Pandemi Dari Kacamata Relawan
Saat-saat HRS Dipindahkan

Saat-saat HRS Dipindahkan

KAMIS, 14 JANUARI 2021 , 21:15:00

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

SENIN, 04 JANUARI 2021 , 18:21:00

Tidak Ingin Persatuan Hilang

Tidak Ingin Persatuan Hilang

MINGGU, 15 NOVEMBER 2020 , 07:51:00