Bermasalah, Pencairan DD Satu Desa Di Rejang Lebong Ditunda

Daerah  RABU, 25 NOVEMBER 2020 , 20:15:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Bermasalah, Pencairan DD Satu Desa Di Rejang Lebong Ditunda

Dana Desa/Net

RMOLBengkulu. Dari 122 Desa di Kabupaten Rejang Lebong, terdapat satu desa yang belum melakukan pencairan Dana Desa atau DD hingga tahap ke III.
Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rejang Lebong, Desma Heryana menyebutkan, desa yang belum melakukan pencairan DD hingga tahap ke III tersbeut yakni Desa Lubuk Kembang Kecamatan Curup Utara, yang saat ini masih tersangkut permasalahan hukum.

"Laporan pencairan DD tahap II salur 2 dan 3 sudah dicairkan 121 desa, cuma Desa Lubuk Kembang yang belum bisa mencairkannya, karena pencairan tahap I nya bermasalah," kata Desma kepada awak media.

Pencairan DD mauapun Alokasi Dana Deaa (ADD) tahap lanjutan desa tersebut belum dapat dilakukan lantaran aparat penegak hukum tengah melakukan pengusutan terhadap permasalahan pengelolaan DD.

Sementara itu, hingga saat ini sendiri menurut dia baru terdapat 10 desa di daerah itu yang mengajukan permintaan pencairan tahap III sebesar 20 persen untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD.

"Sampai saat ini baru ada 10 desa yang mengajukan permintaan pencairan DD tahap III, berkasnya masih dalam proses verifikasi oleh petugas dan belum ada dananya yang ditransfer ke rekening desa," imbuhnya.

Dalam proses pengajuan pencairan DD, masing-masing desa harus menyiapkan data-data dan laporan realisasi penggunaan anggaran DD tahap I dan II.

Masih sedikitnya desa yang mengajukan pencauran DD tahap III itu menurut dia kemungkinan karena masing-masing desa masih melakukan perubahan APBDes.

"Kita targetkan pertengahan Desember nanti semuanya sudah mencairkannya. Untuk itu kita harapkan desa-desa yang belum mengajukan permintaan pencairan tahap III agar segera mengurusnya," himbaunya. [ogi]


Komentar Pembaca
RMOL World View • Menjaga Gawang Pertahanan Indonesia
BINCANG SEHAT • Memandang Pandemi Dari Kacamata Relawan
Saat-saat HRS Dipindahkan

Saat-saat HRS Dipindahkan

KAMIS, 14 JANUARI 2021 , 21:15:00

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

SENIN, 04 JANUARI 2021 , 18:21:00

Tidak Ingin Persatuan Hilang

Tidak Ingin Persatuan Hilang

MINGGU, 15 NOVEMBER 2020 , 07:51:00