Laporan Soal Bantuan PIP Akan Tuntas Jum'at Besok

Daerah  RABU, 25 NOVEMBER 2020 , 01:51:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Laporan Soal Bantuan PIP Akan Tuntas Jum'at Besok

Sabdi Destian/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Laporan dugaan penyalahgunaan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) yang masuk ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lebong, ditargetkan selesai dalam waktu lima hari atau Jum'at (27/11) mendatang.
Hal itu sesuai dengan peraturan terbaru terkait laporan pelanggaran selama perhelatan Pilkada Serentak 2020.

"Setelah menerima laporan, kita targetkan selesai Jum'at (27/11) atau lima haru kalender untuk penanganan," tegas Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Lebong, Sabdi Destian, Senin (23/11).

Dia mengaku, Bawaslu akan melakukan klarifikasi kepada para pelapor dan saksi. Mulai dari kepala sekolah (kepsek) yang terlibat dalam bantuan tersebut akan dipanggil dan dimintai keterangan.

Termasuk seluruh pihak yang dianggap penting. Mulai dari salah satu calon bupati hingga pejabat berwenang yang menyerahkan bantuan PIP tersebut.

Bawaslu akan menyusun kajian dugaan pelanggaran dan menentukan tindak lanjut dari hasil kajian yang telah ditetapkan.

"Paslon belum, tapi kemarin ada yang datang juga mau melaporkan paslon. Tapi, walaupun tidak dilapor juga kami pakai mekanisme temuan pengawas karena juga sedang pengumpulan bukti-bukti," tuturnya.

Untuk diketahui, masyarakat Kabupaten Lebong, sebelumnya digemparkan soal bantuan PIP. Sebab, program yang dicanangkan Presiden RI, Jokowi tersebut dituding dipolitisasi menjelang Pilkada 9 Desember mendatang.

Menyusul, beredar video Anggota DPR RI, Dewi Coryati bersama salah satu Calon Bupati Lebong, Kopli Ansori di tengah masyarakat yang dituding mempolitisasi bantuan PIP tersebut.

Namun, tudingan itu ditanggapi Anggota DPR RI, Dewi Coryati. Menurutnya, bantuan PIP tersebut merupakan aspirasi Dewi selaku Anggota DPR RI Komisi X melalui Kemendikbud. Ia melibatkan salah satu kandidat di daerah itu agar bantuan tersebut tepat sasaran. [tmc]


Komentar Pembaca
BINCANG SEHAT • Memandang Pandemi Dari Kacamata Relawan
Saat-saat HRS Dipindahkan

Saat-saat HRS Dipindahkan

KAMIS, 14 JANUARI 2021 , 21:15:00

Ribka Tjiptaning: Tolak Vaksin Covid 19

Ribka Tjiptaning: Tolak Vaksin Covid 19

SELASA, 12 JANUARI 2021 , 20:50:00

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

SENIN, 04 JANUARI 2021 , 18:21:00

Tidak Ingin Persatuan Hilang

Tidak Ingin Persatuan Hilang

MINGGU, 15 NOVEMBER 2020 , 07:51:00