Bakti Untuk Negeri, Indosat Ooredoo Berbagi Ditengah Pandemi

Nusantara  JUM'AT, 20 NOVEMBER 2020 , 10:59:00 WIB | LAPORAN: AJI FAISAL

Bakti Untuk Negeri, Indosat Ooredoo Berbagi Ditengah Pandemi

Head of Regional East Java and Bali Indosat Ooredoo, Soejanto Prasetya saat menandatangani kerjasama beasiswa pendidikan untuk siswa di Kota Surabaya bersama Walikota Tri Rismaharini/Net

RMOLBengkulu. Tahun 2020 kita lalui dengan sama-sama berjuang menghadapi pandemi Covid-19. Berbagai sektor turut terdampak keganasan virus yang akrab disebut corona. Kehidupan sosial terhenti, aktivitas yang kita anggap normal pun berubah total. Langkah adaptasi untuk semua interaksi sosial dan ekonomi hanya bisa dilakukan dengan memaksimalkan perangkat elektronik dan layanan komunikasi yang tersedia saja.

Saat ini pemerintah telah menerapkan tahapan adaptasi kebiasaan baru salah satunya dengan melakukan  pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada sebagian wilayah Indonesia. Indosat Ooredoo sebagai perusahaan yang selalu berinovasi, turut menghadirkan berbagai program untuk mendukung pemerintah, khususnya di bidang pendidikan. Berbagai inovasi yang telah dilakukan Indosat Ooredoo, diantaranya :

Indosat Ooredoo Bagikan Kuota Gratis Kepada Puluhan Ribu Siswa SD dan SMP Di Mojokerto

Indosat Ooredoo mendukung setiap langkah yang diambil pemerintah untuk penerapan program belajar jarak jauh. Sejak awal pandemi, Indosat Ooredoo telah menghadirkan beberapa program dan inovasi, diantaranya dengan meluncurkan program peningkatan bandwidth sebesar 20% yang diberikan kepada 56 universitas, serta membuka akses ke lebih dari 200 universitas ternama di Indonesia. Indosat Ooredoo juga mendukung program bantuan data internet dengan menyediakan paket data gratis untuk 15.609 siswa SD dan SMP di kota Mojokerto.

Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Bayu Hanantasena menyebut jika pihaknya akan terus berkomitmen mendukung pemerintah menciptakan ekosistem pembelajaran yang baik meski saat ini negara tengah dilanda pandemi.

"Indosat Ooredoo berkomitmen untuk terus mendukung program belajar jarak jauh ini, tidak hanya menyediakan layanan internet dan paket data yang terjangkau, tetapi juga akan membangun ekosistem pembelajaran daring yang efektif terutama pada masa pandemik saat ini. Kami akan terus mendukung percepatan digitalisasi di berbagai sektor penting, termasuk sektor pendidikan,” ungkapnya belum lama ini.

Indosat Ooredoo melalui brand IM3 Ooredoo juga telah memberikan akses internet gratis ke beberapa platform pembelajaran digital terkemuka  diantaranya Ruangguru, Quipper, Sekolahmu.com dan Rumah Belajar. Melalui program ini, IM3 Ooredoo mendukung kegiatan belajar di rumah dengan memberikan kuota gratis 30GB untuk mengakses aplikasi belajar online bagi semua pengguna IM3 Ooredoo. Kuota gratis 30GB bisa diperoleh melalui aplikasi myIM3 atau *123*369# dan berlaku selama 30 hari sejak diaktifkan.

Langkah tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan Indosat Ooredoo terhadap pemerintah yang saat ini tengah berjuang memutus mata rantai penyebaran virus corona. Dengan bantuan kuota gratis ini, siswa diharapkan tetap mendapatkan ilmu pengetahuan meski hanya belajar secara daring.

"Ini merupakan dukungan kami kepada pemerintah untuk memfasilitasi pelajar yang mengikuti ajakan belajar di rumah. kami memberikan kuota gratis 30GB yang dapat digunakan untuk mengakses platformbelajar online sehingga mereka tetap semangat belajar meskipun dari rumah," ucap President Director dan CEO Indosat, Ahmad Al-Neama dalam keterangan resminya belum lama ini.

Indosat Ooredoo Siapkan Platform API Gift Data Untuk Dukung Pembelajaran Jarak Jauh

Indosat Ooredoo telah menyiapkan platform yang dapat digunakan oleh institusi pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh, salah satunya untuk mendistribusikan kuota internet data ke para peserta didik dan pengajar. Platform tersebut adalah API (Aplication Programming Interface) Gift Data, yaitu sebuah perangkat lunak yang memungkinkan pelanggan membagikan kuota internet ke nomor-nomor IM3 Ooredoo melalui sebuah dashboard.

Indosat Ooredoo juga terus berusaha menjaga kapasitas jaringan agar peserta didik dan para guru dapat menjalankan proses pembelajaran dengan baik dan optimal.

"API Gift Data Indosat Ooredoo dapat mengirimkan kuota data secara  fleksibel. API ini juga mendukung fitur automatisasi dan kustomisasi, yang memudahkan pengelolaan pengiriman kuota data sesuai kebutuhan setiap bulannya. Kami yakin platform ini akan efektif digunakan untuk penyaluran kuota internet kepada siswa-siswi serta guru agar pendidikan di Indonesia dapat terus berjalan," jelas Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Bayu Hanantasena.

Indosat Ooredoo Salurkan Beasiswa Pendidikan

Selain membagikan kuota gratis, Indosat Ooredoo juga telah menyalurkan beasiswa untuk jenjang pendidikan SLTP (Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama) selama 3 tahun bagi peserta didik dari masyarakat berpenghasilan rendah di Kota Surabaya.

Beasiswa pendidikan siswa untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) ini merupakan program kolaborasi yang antara Indosat Ooredoo dengan Pemerintah Kota Surabaya. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan siswa-siswi warga Kota Surabaya dari keluarga tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan formalnya di tingkat SD dan SMP negeri maupun swasta. Indosat Ooredoo akan menyalurkan bantuan subsidi biaya sekolah ini setiap bulannya kepada para siswa-siswi tersebut hingga lulus di tingkat SMP.

Indosat Ooredoo berkomitmen untuk terus bersama masyarakat menghadapi pandemi Covid-19 di Indonesia. Kami tergerak untuk memfokuskan bantuan bagi mereka yang kurang mampu di Surabaya agar tetap dapat menjalankan proses pembelajaran," kata Head of Regional East Java and Bali Nusra Indosat Ooredoo, Soejanto Prasetya usai menandatangani MoU CSR beasiswa pendidikan bersama Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, Senin (7/09).

Indosat Dukung Pelaku UMKM Lewat Paket IMPreneur Dan Kios myIM3

Selain dunia pendidikan, virus corona di Indonesia juga berimbas besar pada sektor ekonomi. Kebijakan pembatasan sosial berskala besar yang diambil pemerintah telah membuat pelaku usaha mengalami kerugian bahkan tak sedikit pengusaha yang gulung tikar.

Untuk mendukung pelaku usaha, mikro, kecil dan menegah (UMKM),  IM3 Ooredoo kali ini menghadirkan paket terbaru yakni IMPreneur.  Melalui paket ini, IM3 Ooredoo memberikan kemudahan agar bisnis bisa dijalankan dari mana saja dan membantu antar anggota karyawan atau tim bisnisnya agar tetap terkoneksi.

Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Bayu Hanantasena menyebut jika paket bisnis yang didesain khusus untuk pelaku UMKM ini memungkinkan masyarakat untuk membagikan benefit paketnya ke seluruh tim hingga 25 orang. Pelanggan bisa menikmati kuota besar hingga 320 GB, nelpon dan SMS sepuasnya ke seluruh pelanggan IM3 Ooredoo, nelpon ke operator lain hingga 500 menit dan kuota aplikasi yang dapat dibagikan ke seluruh karyawan dan tim bisnisnya.

"Kami berharap paket IMPreneur ini dapat mempermudah kolaborasi dan menjaga produktivitas agar UMKM dapat tetap bertahan dan berkembang dalam kondisi yang penuh tantangan seperti saat ini," ungkapnya.

Tak hanya IMPreneur, Indosat juga menghadirkan kios myIM3 sebagai bentuk dukungan kepada para pelaku UMKM. Kios myIM3 merupakan program pertama yang memungkinkan masyarakat umum untuk melakukan penjualan paket internet ataupun pulsa IM3 Ooredoo. Melalui fitur pada aplikasi myIM3, pelaku UMKM akan mendapatkan keuntungan finansial menarik serta merasakan manfaat dari penggunaan aplikasi myIM3.

Untuk diketahui bahwa program Kios myIM3 dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan IM3 Ooredoo. Untuk memulainya, pelanggan cukup mendownload aplikasi myIM3 dari Google Play Store dan mengikuti langkah-langkah mudah yang telah tertera. [ogi]


Komentar Pembaca
Tidak Ingin Persatuan Hilang

Tidak Ingin Persatuan Hilang

MINGGU, 15 NOVEMBER 2020 , 07:51:00

Banyak Bangunan-Bangunan Terbengkalai Di Kaur

Banyak Bangunan-Bangunan Terbengkalai Di Kaur

JUM'AT, 02 OKTOBER 2020 , 19:11:00

H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu