Perangi Politik Uang Jelang Pilkada, Tim Sentra Gakkumdu Akan Perketat Pengawasan

Politik  JUM'AT, 13 NOVEMBER 2020 , 07:56:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Perangi Politik Uang Jelang Pilkada, Tim Sentra Gakkumdu Akan Perketat Pengawasan

Kapolres Lebong AKBP Ichsan Nur/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di Kabupaten Lebong, kurang lebih akan berlangsung sekitar 27 hari lagi. Untuk itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Polres Lebong yang tergabung dalam Tim Sentra Gakkumdu akan memperketat pengawasan.
Mengingat masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan edukasi tentang politik uang atau money politics. Seluruh pihak, dalam waktu dekat ini akan segera melaksanakan edukasi dan sosialisasi mengenai pemilu atau menolak money politics pada Pilkada Gubernur dan wakil Gubernur serta Bupati dan wakil Bupati Lebong.

Mengacu pada Undang-undang nomor 1 tahun 2015 perubahan Undang-undang nomor 6 tahun 2020, di dalan pasal 187 A menyebutkan bahwa, para pemberi dan penerima politik uang ada sanksi, bahkan di mata hukum sama sanksinya.

Kapolres Lebong AKBP Ichsan Nur mengakui, semua masyarakat di pelosok-pelosok bisa mengakses media sosial. Dan itulah gunanya mereka (mahasiswa, red) nantinya untuk mengakses media sosial.

"Karena hampir setiap desa rata-rata ada lima sampai sepuluh mahasiswa yang bisa membantu melakukan edukasi langsung, agar paham melek politik, terutama tidak terpengaruh politik uang," ucap Kapolres, Rabu (11/11) kemarin.

Diungkapkannya, transaksi uang untuk mengarahkan memilih salah satu calon jelas ada unsur tindak pidananya.

"Yang menerima juga kena, itulah masyarakat harus diberi edukasi. Jika ada yang tertangkap masyarakat yang menerima juga kena, bukan hanya yang memberi," ungkapnya.

Menurutnya, terkait dengan menolak pemilu pilitik uang, para mahasiswa belum lama ini menawarkan diri siap menjadi agen-agennya pemerintah untuk membantu Bawaslu.

"Ya, (penawaran mahasiswa, red) kita gunakan, kita manfaatkan," pungkasnya. [tmc]


Komentar Pembaca
Tidak Ingin Persatuan Hilang

Tidak Ingin Persatuan Hilang

MINGGU, 15 NOVEMBER 2020 , 07:51:00

Banyak Bangunan-Bangunan Terbengkalai Di Kaur

Banyak Bangunan-Bangunan Terbengkalai Di Kaur

JUM'AT, 02 OKTOBER 2020 , 19:11:00

H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu