Ini Nomor Pengaduan Jika Ada Yang Politisasi Bansos

Daerah  KAMIS, 12 NOVEMBER 2020 , 07:41:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Ini Nomor Pengaduan Jika Ada Yang Politisasi Bansos

Reko Haryanto/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Bantuan Sosial (Bansos), kerap bermasalah saat dibagikan ke masyarakat, baik salah sasaran atau dijadikan alat politik untuk Pilkada 2020.
Demi antisipasi bansos salah sasaran masyarakat diimbau segera laporkan ke nomor pengaduan bansos.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Kabupaten Lebong, Reko Haryanto menginformasikan nomor pengaduan masalah bansos.

"Apabila ada petugas pendamping yang mengintimidasi atau memaksa KPM untuk berpihak ke salah satu pasangan calon Pilkada, kami himbau untuk segera melaporkan ke Dinas PMDS. Kontak person nomor 082178782957," kata Reko melalui keterangan resmi.

Dia menambahkan, menindaklanjuti edaran Mendagri tanggal 18 Mei 2020, bahwa Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bansos program sembako, Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan asisten lanjut usia dan bantuan disabilitas merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial Republik Indonesia.

"Kepada petugas pendamping sosial untuk tetap melaksanakan tugas sesuai tugas pokok dan fungsi serta tidak terpengaruh agenda Pilkada," kata Reko.

Dia juga meminta kepada pendamping tidak melakukan hal-hal diluar tupoksi. Misalnya, dengan ikut melakukan hal-hal yang berkaitan dengan agenda Pilkada misalnya dengan mempengaruhi KPM untuk memihak kepada salah satu pasangan pilkada.

"Untuk kepada KPM bansos program sembako, program PKH, bantuan asisten lanjut usia dan bantuan disabilitas untuk tidak terpengaruh apabila terdapat pendamping yang mengajak atau mengintimidasi untuk berpihak kepada salah satu pasangan calon pilkada," tuturnya. [tmc]


Komentar Pembaca
Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

SENIN, 04 JANUARI 2021 , 18:21:00

Tidak Ingin Persatuan Hilang

Tidak Ingin Persatuan Hilang

MINGGU, 15 NOVEMBER 2020 , 07:51:00