Program Desa Wisata, Sebelat Ulu Jadi Wisata Nasional

Daerah  SABTU, 31 OKTOBER 2020 , 08:13:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Program Desa Wisata, Sebelat Ulu Jadi Wisata Nasional

Tampak lokasi wisata Air Putih/Ist

RMOLBengkulu. Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lebong, saat ini tengah menggandeng pemerintah Desa Sebelat Ulu, Kecamatan Pinang Belapis untuk melaksanakan program pengembangan desa wisata  yabg nantinya akan dijadikan sample fail projects.
Kepala Disparpora Kabupaten Lebong, Eddy Ramlan, mengungkapkan, program desa wisata ini bertujuan bisa mandiri, guna pemasukan dana kas desa dengan pemanfaatan dana desa (DD) sebagai penyertaan modal kepada kelompok Pokdarwis yang ada di desa, dalam rangka pengembangan desa tersebut.

Dengan demikian, lanjutnya, desa setempat dibentuk untuk memperdayakan masyarakat setempat, agar dapat langsung berperan aktif sebagai pelaku mempersiapkan upaya kesiapan dan kepedulian dalam menyikapi potensi dan daya tarik pariwisata di Kabupaten Lebong.

Selain itu, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat setempat.

"Ya, mungkin dalam waktu dekat ini, kita rencanakan Desa Sebelat Ulu. Sebelum SK keluar maka kita keluarkan untuk penunjuk sebagai desa wisata," ungkap Eddy kepada wartawan.

Dia menerangkan, pihaknya telah merencanakan ada beberapa program yang akan dilaksanakan di tempat wisata itu, dalam rangka menyongsong Desa Sebelat u sebagai desa wisata.

"Salah satunya yang menasional yaitu pendakian gunung Sebelat. Jadi, Desa Sebelat Ulu menjadi sebagian rimbahnya pendakian gunung Sebelat di kawasan TNKS," ujarnya.

Menurutnya, ini bakal menjadi wisata nasional, bahkan ke internasional. Meskipun daerah itu masuk kawasan Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS)

"Karena, daerah itu secara wilayah merupakan pengembangan pariwisata nasional. Kita juga telah menjalin kerjasama kepada relawan komunitas wisata yang ada di nasional, supaya dapat membantu Desa Sebelat Ulu secara nasional dan layak menjadi desa wisata," pungkasnya. [tmc]


Komentar Pembaca
Tidak Ingin Persatuan Hilang

Tidak Ingin Persatuan Hilang

MINGGU, 15 NOVEMBER 2020 , 07:51:00

Banyak Bangunan-Bangunan Terbengkalai Di Kaur

Banyak Bangunan-Bangunan Terbengkalai Di Kaur

JUM'AT, 02 OKTOBER 2020 , 19:11:00

H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu