Politik Bebas Aktif Alasan Indonesia Tidak Akan Berpihak Dalam Konflik AS-China

Nusantara  JUM'AT, 30 OKTOBER 2020 , 18:46:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Politik Bebas Aktif Alasan Indonesia Tidak Akan Berpihak Dalam Konflik AS-China

Ilustrasi/Net

RMOLBengkulu. Politik luar negeri bebas aktif yang dianut Indonesia sejak merdeka menjadi dasar pemerintah tidak akan berpihak kepada salah satu kubu dalam konflik Amerika Serikat dan China.

Hal tersebut disampaikan anggota Komisi I DPR RI Charles Honoris menanggapi kunjungan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo ke Indonesia. Ia menyebut, banyak pihak beranggapan kunjungan tersebut akan menarik Indonesia untuk melawan China.

Pemerintahan Pak Jokowi pasti tidak akan berpihak dalam sengketa atau konflik yang semakin memanas antara China dan Amerika Serikat,” ujarnya dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (30/10).

Selain itu, kata Charles, Indonesia berkepentingan untuk menjalin hubungan baik dengan negara-negara sahabat. Sehingga, penerimaan yang baik pemerintah dari kunjungan Mike Pompeo sebagai Menlu dari salah satu negara sahabat adalah hal wajar.

China juga merupakan salah satu negara sahabat bagi RI. Apabila ada kunjungan tingkat tinggi dari Tiongkok ke Indonesia, penghormatan yang sama juga akan diberikan oleh pemerintah,” kata politisi PDIP tersebut.

Menyinggung Menlu Retno Marsudi dan Menlu Mike Pompeo perihal komitmen dua negara untuk menghormati hukum internasional di Laut China Selatan (LCS), Charles mengatakan Indonesia berkepentingan untuk menjaga kedaulatan nasional.

Indonesia tentunya membuka diri dan menyambut baik ajakan dari setiap pihak untuk menjaga keamanan dan perdamaian di kawasan selama hal itu masih dalam koridor hukum dan institusi internasional,” tutupnya. [tmc]

Komentar Pembaca
Tidak Ingin Persatuan Hilang

Tidak Ingin Persatuan Hilang

MINGGU, 15 NOVEMBER 2020 , 07:51:00

Banyak Bangunan-Bangunan Terbengkalai Di Kaur

Banyak Bangunan-Bangunan Terbengkalai Di Kaur

JUM'AT, 02 OKTOBER 2020 , 19:11:00

H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu