Diperpanjang Hingga 15 November, Begini Cara Dapat Bantuan UMKM Rp 2,4 Juta

Daerah  JUM'AT, 30 OKTOBER 2020 , 18:41:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Diperpanjang Hingga 15 November, Begini Cara Dapat Bantuan UMKM Rp 2,4 Juta

Ilustrasi/Net

RMOLBengkulu. Plt Kadis Koperasi Perdagangan dan UKM dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Lebong, Aris Munandar melalui Kabid Perdagangan Azhar memastikan bantuan langsung tunai untuk pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) akan berlanjut.
Dia mengatakan, program Banpers Produktif Usaha Mikro (BPUM) ini kembali diperpanjang hingga 15 November tahun 2020.

"Ya, bagi pelaku UMKM yang belum melakukan pendaftaran, dipersilahkan mendaftar ke Kantor. Kemudian akan kami sampaikan ke Kementerian Koperasi dan UKM RI untuk diverifikasi," kata Azhar, Sabtu (30/10) sore.

Azhar memaparkan, berdasarkan surat Kementerian Koperasi dan UKM RI No 491/SM/X/2020, tanggal 6 Oktober, bahwa pendataan bagi program BPUM tahap II diperpanjang sampai November 2020.

"Syarat dan ketentuan masih sama dengan sebelumnya. Diantaranya, warga negara Indonesia (WNI), memiliki NIK, memiliki izin usaha dari desa setempat, bukan merupakan anggota TNI, Polri, ASN dan anggota BUMD. Juga, tidak sedang menerima pinjaman atau kredit dari Perbankan," jelasnya.

Dia menuturkan, sejak program ini diluncurkan, tercatat sekitar 6.000 pelaku usaha di Lebong sudah diusulkan untuk mendapat bantuan ini.

BUPM merupakan bantuan hibah modal kerja yang diberikan kepada pelaku usaha yang terdampak pandemi Covid-19. Bantuan langsung tunai ini senilai Rp2,4 juta untuk tiap pelaku usaha.

"Tidak ada kuota berapa tiap provinsi, kabupaten-kota. Jadi siapa yang cepat mengusulkan, itu yang akan diproses duluan untuk menerima bantuan. Ini diperpanjang sampai November, karena kuota nasional 12 juta (pelaku usaha) belum habis terbagi," tuturnya. [tmc]


Komentar Pembaca
Tidak Ingin Persatuan Hilang

Tidak Ingin Persatuan Hilang

MINGGU, 15 NOVEMBER 2020 , 07:51:00

Banyak Bangunan-Bangunan Terbengkalai Di Kaur

Banyak Bangunan-Bangunan Terbengkalai Di Kaur

JUM'AT, 02 OKTOBER 2020 , 19:11:00

H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu