Diduga Tak Netral, KPU Provinsi Dituntut Segera Copot Ketua KPU Kaur

Politik  SABTU, 24 OKTOBER 2020 , 12:43:00 WIB | LAPORAN: AJI FAISAL

Diduga Tak Netral, KPU Provinsi Dituntut Segera Copot Ketua KPU Kaur

Para Pemuda Peduli Kaur Yang Menuntut Pencopotan Ketua KPU Kaur, Meixxy Rismanto Di Depan Kantor KPU Provinsi Bengkulu/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Koalisi Pemuda Peduli Kaur (KPPK) menuntut agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu segera mencopot jabatan Ketua KPU Kabupaten Kaur, Meixxy Rismanto.

Hal ini dilakukan lantaran puluhan anak muda yang tergabung dalam pemuda peduli kaur ini merasa kecewa dengan kinerja Meixxy dalam memimpin KPU Kaur saat ini. Meixxy diduga tidak netral karena telah mengabaikan rekomendasi Bawaslu yang nyata-nyata mengatakan telah terjadi pelanggaran UU Pemilu yang dilakukan kandidat petahana pada Pemilihan Bupati (Pilbup) Kaur.

"Konflik ini dipicu oleh dugaan pelanggaran UU Pemilu yang dilakukan kandidat petahana lantaran melakukan mutasi yang jelas-jelas dilarang undang-undang. Beberapa oknum termasuk Ketua KPU Kaur dinilai tidak netral dalam menangani kasus ini dan mengabaikan rekomendasi Bawaslu. Jika ini terus dibiarkan, gesekan antara penyelenggara Pilkada ini tidak dapat dihindari," tulis Pemuda Peduli Kaur, Fikri dalam keterangan resminya, Sabtu (24/10).

Pihaknya menilai konflik akan semakin meluas jika oknum-oknum penyelenggara pilkada di Kabupaten Kaur tidak segera ditertibkan.

"Oknum yang tidak professional dan berpihak harus dibumihanguskan dalam proses Pilkada Kaur. Oleh karena itu kami menuntut agar KPU Provinsi Bengkulu segera mencopot jabatan Ketua KPU Kaur," tegasnya.

Sekedar mengingatkan bahwa rekomendasi Bawaslu Kaur untuk dugaan pelanggaran yang dilakukan kandidat petahana Gusril Pausi telah diabaikan KPU Kaur. Dalam keputusannya, KPU Kaur menganulir seluruh rekomedasi Bawaslu dan menyatakan Gusril tidak melakukan pelanggaran atas pergantian Kadis Disparpora Kaur.

Kendati demikian, tidak seluruh komisioner setuju dengan keputusan yang diambil KPU. Dari 5 orang komisioner KPU Kaur hanya 3 orang komisioner yang menandatangani hasil rapat pleno yaitu, Ketua KPU Mexxy Rismanto, Sirus Legiyati, dan Yuhardi. Sedangkan Irpanadi dan Radius memilih tidak menandatangani karena tidak pernah menyetujui keputusan KPU Kaur. [ogi]


Komentar Pembaca
Tidak Ingin Persatuan Hilang

Tidak Ingin Persatuan Hilang

MINGGU, 15 NOVEMBER 2020 , 07:51:00

Banyak Bangunan-Bangunan Terbengkalai Di Kaur

Banyak Bangunan-Bangunan Terbengkalai Di Kaur

JUM'AT, 02 OKTOBER 2020 , 19:11:00

H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu