DD Dan ADD Tahap III Terancam Hangus

Daerah  SABTU, 24 OKTOBER 2020 , 08:27:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

DD Dan ADD Tahap III Terancam Hangus

Eko Budi Santoso/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahap III terancam hangus alias tak terserap 100 persen tahun 2020 ini. Hingga memasuki akhir bulan Oktober masih ada desa di Lebong belum mengajukan pencairan tahap II.
Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Lebong, Reko Haryanto melalui Kabid PMD, Eko Budi Santoso mengungkapkan, total berkas pengajuan DD dan ADD sebesar 40 persen ke PMDS sebanyak 82 dari 93 desa.

"Total bekas masuk 82 desa, dan ada 11 desa belum mengajukan. Kalau sudah mendapatkan rekom DD dan ADD tahap II ada 78 desa," katanya.

Dia menjelaskan, untuk proses penarikan uang dari rekening desa ini berbeda dari tahun sebelumnya. Terutama ketika rekom pencairan DD dan ADD tahap II sudah dikantongi.

Sebab, prosedur penarikan DD dan ADD tahap II dilakukan sebanyak tiga kali. Masing-masing masing-masing tahap pertama sebesar 15 persen, tahap kedua 15 persen, dan tahap ketiga 10 persen.

"Jadi, untuk proses penarikan uang tahap II ini sebanyak tiga kali dengan rentan waktu 14 hari," bebernya.

Di sisa waktu tinggal menyisakan dua bulan lagi ia pesimis seluruh desa di daerah itu bisa melakukan proses pencairan tahap akhir. Terlebih lagi, hampir seluruh desa mengantongi rekomendasi pencairan bulan Oktober ini.

"Tapi, kembali lagi ke desa. Semakin cepat prosesnya kita juga proses," tuturnya. [tmc]




Komentar Pembaca
Tidak Ingin Persatuan Hilang

Tidak Ingin Persatuan Hilang

MINGGU, 15 NOVEMBER 2020 , 07:51:00

Banyak Bangunan-Bangunan Terbengkalai Di Kaur

Banyak Bangunan-Bangunan Terbengkalai Di Kaur

JUM'AT, 02 OKTOBER 2020 , 19:11:00

H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu