Bawaslu Pastikan Laporan APK Rusak Dan Hilang Masih Nihil

Daerah  JUM'AT, 23 OKTOBER 2020 , 18:59:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Bawaslu Pastikan Laporan APK Rusak Dan Hilang Masih Nihil

Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Lebong, Sabdi Destian/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Sejak ditetapkannya masa kampanye Pilkada 2020, tidak ada satu pun tim kampanye pasangan Calon (Paslon) maupun partai politik (parpol) yang melaporkan soal alat peraga kampanye (APK) yang dirusak atau hilang ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lebong.
Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan  Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Lebong, Sabdi Destian, bahwa pelaporan terkait APK rusak atau hilang dari tim kampanye paslon atau dari partai politik hingga pekan ini sama sekali tidak ada alias nihil. Untuk itu dirinya menilai bahwa terkait kampanye di Lebong berjalan dengan tertib dan damai.

"Belum ada APK rusak atau hilang, artinya kami di lapangan tidak ada persoalan alias berjalan dengan damai. Justru hal ini yang sangat kami inginkan dimana pesta demokrasi harus kita hadapi dengan gembira," ujar Sabdi, Rabu (21/10).

Dia menjelaskan, sesuai PKPU Nomor 11 tahun 2020 pasal 30 ayat (4) bahwa pemasangan, perawatan, dan pembersihan atau penurunan baliho, umbul-umbul, atau spanduk yang telah diserahkan kepada tim kampanye pasangan calon sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menjadi tanggung jawab paslon.

Lain halnya, apabila ada laporan disertai bukti bahwa ada oknum yang merusak APK maka pihaknya bisa menindaklanjuti berdasarkan Peraturan Bawaslu atau Perbawaslu Nomor 8 tahun 2020.

"Berdasarkan Perbawaslu nomor 8 tahun 2020, kalau ada laporan kami akan melakukan kajian awal dulu untuk melihat apakah memenuhi syarat formal, materiel, menentukan jenis pelanggaran dan pasalnya, pelimpahan laporan sesuai tempat kejadian, serta laporan yang telah ditangani di tingkatan tertentu," tuturnya. [tmc]


Komentar Pembaca
Anies Baswedan Positif Covid-19

Anies Baswedan Positif Covid-19

SELASA, 01 DESEMBER 2020 , 11:51:49

Copot Baliho Habib Rizieq Tak Berizin oleh Satpol PP Kota Semarang
PROMO - UNDANGAN WEBINAR INTERNASIONAL

PROMO - UNDANGAN WEBINAR INTERNASIONAL

KAMIS, 19 NOVEMBER 2020 , 10:58:48

Tidak Ingin Persatuan Hilang

Tidak Ingin Persatuan Hilang

MINGGU, 15 NOVEMBER 2020 , 07:51:00

Banyak Bangunan-Bangunan Terbengkalai Di Kaur

Banyak Bangunan-Bangunan Terbengkalai Di Kaur

JUM'AT, 02 OKTOBER 2020 , 19:11:00

H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu