Penyandang Disabilitas Punya Hak Sama Untuk Sukseskan Pilkada 2020 Di Bengkulu

Nusantara  KAMIS, 22 OKTOBER 2020 , 19:33:00 WIB | LAPORAN: AJI FAISAL

RMOLBengkulu. Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 yang akan digelar serentak diberbagai daerah di Provinsi Bengkulu tinggal menghitung hari. Partisipasi aktif masyarakat termasuk para penyandang disabilitas sangat dibutuhkan untuk menyukseskan gelaran pesta demokrasi ini.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra menyebut jika pihaknya menargetkan partisipasi masyarakat mencapai target yang telah ditetapkan. Untuk itu ia memastikan jika para penyandang disabilitas akan mendapat hak yang sama dalam memilih calon kepala daerah.

"Pilkada yang sukses itu apabila partispasi masyarakatnya tinggi, termasuk teman-teman disabilitas. Untuk itu kita selalu meminta saran dan masukan agar hak-hak teman-teman kita ini terpenuhi, misalnya Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ramah disabilitas," ungkapnya kepada awak media usai menjadi narasumber dalam sosialiasi bersama penyandang disabilitas, Kamis (22/10).

Jumlah penyandang disabilitas sendiri, lanjut Irwan, pihaknya saat ini mencatat sekitar 4.300 orang yang tersebar di seluruh Provinsi Bengkulu. Berbagai kategori seperti disabilitas mental, fisik, sosial dan intelektual yang saat ini sudah terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada 2020.

Sementara itu Ketua Perkumpulan Mitra Masyarakat Inklusif, Irna Riza Yuliastuti meminta agar para penyandang disabilitas ini benar-benar diperhatikan, serta hak-hak yang seharusnya didapat agar terpenuhi.

"Selama ini memang masih banyak terdengar kesenjangan antara teman-teman disabilitas ini. Oleh karena itu kami minta agar dalam Pilkada ini mereka mendapat perhatian lebih," tutupnya. [ogi]


Komentar Pembaca
Anies Baswedan Positif Covid-19

Anies Baswedan Positif Covid-19

SELASA, 01 DESEMBER 2020 , 11:51:49

Copot Baliho Habib Rizieq Tak Berizin oleh Satpol PP Kota Semarang
PROMO - UNDANGAN WEBINAR INTERNASIONAL

PROMO - UNDANGAN WEBINAR INTERNASIONAL

KAMIS, 19 NOVEMBER 2020 , 10:58:48

Tidak Ingin Persatuan Hilang

Tidak Ingin Persatuan Hilang

MINGGU, 15 NOVEMBER 2020 , 07:51:00

Banyak Bangunan-Bangunan Terbengkalai Di Kaur

Banyak Bangunan-Bangunan Terbengkalai Di Kaur

JUM'AT, 02 OKTOBER 2020 , 19:11:00

H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu