10 Warga Lebong Penghuni Lapas Ikut Perekaman KTP-el

Daerah  RABU, 21 OKTOBER 2020 , 08:21:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

10 Warga Lebong Penghuni Lapas Ikut Perekaman KTP-el

Tampak warga binaan menggunakan baju warna orange mengikuti proses perekaman di Lapas Curup/Ist

RMOLBengkulu. Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lebong, terus melakukan upaya perekaman data dan pencetakan KTP elektronik (KTP-el). Salah satunya dengan sistem jemput bola.
Petugas tak hanya melakukan kegiatan tersebut di seluruh kecamatan wilayah Kabupaten Lebong, namun turut juga  perekaman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Curup, Kabupaten Rejang Lebong.

Kadis Dukcapil Lebong, Elva Mardiana melalui Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk Rahmat Kartolo didampingi Kasi Identitas Penduduk, Ramlan Hamidi mengungkapkan, tercatat sebanyak 10 dari total 12 penduduk Lebong yang menghuni Lapas Curup juga melakukan perekaman e-KTP.

"Totalnya ada 12 orang. Yang direkam cuma 10 orang, dan 2 lagi sudah bebas. Satu pulang ke Bengkulu, satu balik ke Lebong," kata Ramlan, Selasa (20/10) siang.

Dia menyebutkan, pelayanan perekaman KTP-el agar seluruh masyarakat mendapat dokumen kependudukan dengan lengkap dan sah.

Ia menyebutkan perekaman di Lapas tersebut, berdasarkan perintah sehingga diharapkan warga binaan dapat mengikuti Pemilu 2020 dan melengkapi administrasi kependudukan (adminduk) di Kabupaten Lebong secara keseluruhan.

"Prioritaa kita di Lapas Rejang Lebong. Kalau di Lapas Bentiring kita tunggu dulu permintaan dari Lapas Bentiring," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Lebong, Yayan Hardian yang turut hadir menyaksikan proses perekaman KTP-el menambahkan, upaya perekaman KTP-el di Lapas bertujuan untuk mengoptimalkan percepatan e-KTP dan ini menjadi salah satu bagian penting dalam menyukseskan Pemilu 2020 di lapas dan rutan.

"Ini adalah agenda yang dilakukan atas koordinasi KPU, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dengan Direktorat jenderal kependudukan dan pencatatan sipil, dimana salah satunya adalah menyelamatkan hak suara penghuni lapas," singkat Yayan. [tmc]


Komentar Pembaca
Anies Baswedan Positif Covid-19

Anies Baswedan Positif Covid-19

SELASA, 01 DESEMBER 2020 , 11:51:49

Copot Baliho Habib Rizieq Tak Berizin oleh Satpol PP Kota Semarang
PROMO - UNDANGAN WEBINAR INTERNASIONAL

PROMO - UNDANGAN WEBINAR INTERNASIONAL

KAMIS, 19 NOVEMBER 2020 , 10:58:48

Tidak Ingin Persatuan Hilang

Tidak Ingin Persatuan Hilang

MINGGU, 15 NOVEMBER 2020 , 07:51:00

Banyak Bangunan-Bangunan Terbengkalai Di Kaur

Banyak Bangunan-Bangunan Terbengkalai Di Kaur

JUM'AT, 02 OKTOBER 2020 , 19:11:00

H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu