Jalan Ganjuh Kian Rusak, Ini Kata PUPR BS

Daerah  SENIN, 19 OKTOBER 2020 , 14:18:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

Jalan Ganjuh Kian Rusak, Ini Kata PUPR BS

Ini la saat kejadian di jalan Ganjuh belum lama ini/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Desa Ganjuh merupakan salah satu desa yang penghasil pertanian yang cukup melimpah, salah satunya Padi. Sebab, desa terujung di kecamatan Pino, Bengkulu Selatan (BS) yang berbatasan langsung dengan kecamatan Air Nipis BS ini, terdapat hamparan sawah yang sangat luas.

Kendati demikian, akses jalan yang kian hari kian rusak dan menghawatirkan. Pasalnya tidak sedikit kendaraan roda empat maupun dua alami kecelakaan. Seperti tahun 2020 ini  tercatat sudah dua kali mobil yang membawa Padi alami kecelakaan.

"Sudah sering kecelakaan, jalannya tambah rusak. Sedangkan jalan daerah sini kebanyakan menanjak di tambah lagi jalan ini sudah banyak yang rusak," sampai salah satu sopir yang pernah alami insiden kecelakaan di jalan tersebut, Anto.

Jalan yang di bangun lebih kurang 4 tahun silam silam itu, saat ini sudah sangat rusak bahkan,saat ini aspalnya sudah banyak merantau alias sudah kebanyakan mengelupas dan berlobang. Hingga para sopir yang melintasi jalan tersebut harus menggunakan mobil tertentu seperti doble gardan.

"Kalau untuk mengangkut padi tidak kebanyakan pakai mobil doble gardan, seperti Rangger, Ford dan sejenisnya. Sebab, kalau mobil biasa akan sulit melintas apa lagi kalau mengangkut hasil panen dan habis hujan," imbuhnya,

Selain itu, mirisnya lagi di desa Ganjuh terdapat jembatan penghubung desa Ganjuh dan dusun Muara Pandan yang lansung sebagai penghubung ke kecamatan Air Nipis, yang kini kondisinya tidak bisa di lewati mobil, sebab, jembatan tersebut sudah jauh dari kata layak. Hingga bahaya selalu mengintai saat kendaraan melintas.

Pasalnya, kondisinya hingga saat ini penggantungan jembatan sepanjang lebih kurang 90 meter tersebut, sudah tak kuat menahan beban. Sebab, pada saat ini jembatan dan jalan sudah tak sejajar.

"Ya, jembatan juga sudah rusak. Mobil-mobil sudah tidak bisa lagi melintas. Untuk itu kami sangat berharap kepada pemerintah daerah BS agar jalan dan jembatan ini bisa diperbaiki kembali," ujarnya.

Sementara itu, kepala dinas PUPR BS Nuzmanto Aidil melalui Kabid Bina Marga Teddy Setiawan mengatakan, jalan daerah Puding dan Ganjuh akan segera di perbaiki. Sebab, saat ini rancangan untuk perbaikan jalan di wilayah kecamatan Pino itu sudah di lakukan. Bahkan pihaknya sudah melakukan survei terhadap kondisi jalan tersebut.

"Tahun 2021 mendatang akan dibangun
melalui dana DAK, anggarkan sebesar 9,1 Miliar untuk pembangunan jalan sepanjang lebih kurang 4 KM, saat ini kita masih melakukan pembahasan," tutup Teddy. [ogi]


Komentar Pembaca
Tidak Ingin Persatuan Hilang

Tidak Ingin Persatuan Hilang

MINGGU, 15 NOVEMBER 2020 , 07:51:00

Banyak Bangunan-Bangunan Terbengkalai Di Kaur

Banyak Bangunan-Bangunan Terbengkalai Di Kaur

JUM'AT, 02 OKTOBER 2020 , 19:11:00

H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu