Rafflesia Arnoldi Mekar Di Rejang Lebong

Daerah  MINGGU, 18 OKTOBER 2020 , 08:14:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Rafflesia Arnoldi Mekar Di Rejang Lebong

Rafflesia Arnoldi mekar di lahan warga/ RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Rafflesia Arnoldi ditemukan mekar di Desa Tanjung Beringin Kecamatan Curup Utara Kabupaten Rejang Lebong, puspa langka yang menjadi icon Provinsi Bengkulu itu tumbuh di lahan milik warga.
Rafflesia tersebut ditemukan pertama kali oleh pemilik lahan Anwar (50) pada Senin (12/10), saat ditemukan bunga itu masih berbentuk knop besar atau belum mekar dilahannya yang masih semak belukar.

"Awalnya hari Senin kemarin saat saya masuk areal ini, ketemunya tidak sengaja karena saya tengah mencari bunga," kata Anwar ditemui dilokasi, Sabtu (17/10).
Pasca ditemukan dirinya secara rutin mengecek perkembangan bunga tersebut, hingga akhirnya bunga itu diketahui mekar sempurna pada Jumat (16/10) kemarin.

Untuk menuju lokasi, akses yang ditempuh sekitar 1 kilometer dari lokasi parkiran kendaraan, jalan yang dilalui sedikit terjal dengan menuruni tebing, lokasi tumbuhnya bunga tersebut berada di pinggiran aliran Sungai Dendan, yang jaraknya sekitar 200 meter dari pondok kebunnya.

Dia menambahkan, berdasarkan hasil penelusurannya, dibagian pohon tempat mekarnya bunga Rafflesia tersebut juga terdapat Rafflesia lainnya hanya saja sudah terlebih dahulu mekar dan membusuk.

"Kalau saya baru pertama kali menemukan bukan ini disini, tapi ada suadara saya sekitar dua tahun yang lalu juga menemukan mekar disini juga," pungkasnya.

Disisi lain, Ketua Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Rejang Lebong, Tedy Riski ditemui dilokasi mekarnya Rafflesia berharap agar habitat bunga tersebut dapat di jaga oleh pemilik lahan, dengan demikian peluang untuk tumbuh lagi cukup besar.

"Kalau habitatnya terjaga peluang untuk tumbuh lagi juga besar, salah satu menjaga habitatnya dengan mengurangi penggunaan pestisida dilokasi tersebut," ujarnya.

Berdasarkan pengamatannya, Rafflesia yang ditemukan tersebut memiliki diameter 80 cm, ukuran tersebut tergolong ukuran besar, dia mengungkapkan, ukuran Rafflesia yang kerap ditemukan di Rejang Lebongemang berdiameter besar dibanding daerah lain.

"Saat ini Rejang Lebong sudah menjadi habitat dari puspa langka ini dan menariknya Rafflesia yang ditemukan di Rejang Lebong diameternya rata-rata lebih besar dari daerah lain," pungkasnya. [ogi]

Komentar Pembaca