Membanggakan, Jaksa Asal Bengkulu Terima Beasiswa Ke China

Daerah  JUM'AT, 09 OKTOBER 2020 , 18:01:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Membanggakan, Jaksa Asal Bengkulu Terima Beasiswa Ke China

Fardana Kusumah/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Kabar membanggakan datang dari Provinsi Bengkulu. Salah satu jaksa yang bertugas di Kejaksaan Negeri Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, Fardana Kusumah, berhasil meraih program beasiswa yang diberikan Chinese Government Scholarship (CGS) 2020.

Pria kelahiran Bengkulu, 19 November 1990 ini akan menempuh pendidikan perguruan tinggi, bentuk kerjasama antara Jaksa Agung RI dengan Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI).

"Kedepan kita dituntut untuk memiliki ilmu pengetahuan, pelaku kejahatan pun akan semakin banyak dari negara lain," kata Fardana kepada RMOLBengkulu, Jum'at (9/10).

Menurutnya, kuliah Master Degree untuk studi International Relations di Central China Normal University di Wuhan, itu akan memakan waktu selama 3 tahun.

Di Indonesia, hanya dua orang dua orang Jaksa mendapatkan beasiswa tersebut, satu dari Kejari Bengkulu Utara dan satu dari Kejari Cimahi.

Jaksa yang sering menangani perkara tindak pidana korupsi ini menambahkan, semester pertama akan dilaksanakan secara online. Hal ini dilakukan akibat pandemi COVID-19 yang melanda disetiap negara di dunia.

Sebelumnya, pada 2019, Ferdana Kusumah sempat mengenyam perkuliahan di Huaqiao University, Xiamen. Kuliah Pendek (short course) bersama Law Enforcement dari Asia.

"Jadi alasannya jelas. Kejaksaan RI memiliki jabatan Atase Kejaksaan di beberapa Kedutaan Besar Republik Indonesia di dunia dan dengan perkembangan dunia ini kita dituntut memiliki ilmu lebih," tutur pria yang menerima beasiswa stara dua (S2) itu. [tmc]

Komentar Pembaca