Final, Kementerian LHK Restui Lebong Bangun Jalan Di Kawasan Trans Mangkurajo

Daerah  KAMIS, 08 OKTOBER 2020 , 18:56:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Final, Kementerian LHK Restui Lebong Bangun Jalan Di Kawasan Trans Mangkurajo

Tampak rekanan tengah melakukan pekerjaan peningkatan jalan di kawasan Trans Mangkurajo/Ist

RMOLBengkulu. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), akhirnya merestui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong, melakukan peningkatan dan pemeliharaam jalan di kawasan Taman Wisata Air (TWA) Danau Tes.
Keputusan itu tertuang dalam surat Kementerian LHK melalui Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem dengan nomor: S.845/KSDAE/PIKA/KSA.0/10/2020 tertanggal 8 Oktober 2020 perihal Persetujuan Kerja Sama Peningkatan dan Pemeliharaan Jalan Eksisting di dalam Kawasan TWA Danau Tes.

Plt Kadis Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPR-P) Kabupaten Lebong, Joni Prawinata melalui Kabid Bina Marga, Haris Santoso, saat dikonfirmasi membenarkan informasi tersebut.

"Usai menerima surat tersebut agenda selanjutnya adalah melakukan penyusunan dan penandatanganan naskah Perjanjian Kerja Sama (PKS)," ucapnya, Kamis (8/10).

Lebih jauh, kata Toso, peningkatan dan pemeliharaan jalan eksisting tersebut untuk mendukung pengelolaan TWA Danau Tes. Seperti kegiatan rehabilitas kawasan, perlindungan, pengamanan kawasan, keanekaragaman hayati, pencegahan kawasan hutan, pemberdayaan masyarakat, dan pengembangan wisata alam.

Tak hanya itu, pembangunan di daerah itu nantinya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan masyarakat di Kecamatan Lebong Selatan.

Bahkan, untuk memperlancar perjalanan antar desa, antar kecamatan dan antar kabupaten. Khususnya, masyarakat di sekitar akses jalan Desa Mangkurajo, dan Desa Sukasari.

"Jadi, peningkatan dan pemeliharaan jalan itu juga untuk membuka keterisoliran masyarakat di Unit Pemukiman Transmigrasi Mangkurajo dan mendukung pengembangan wisata alam TWA Danau Tes," ucapnya.

Artinya, dengan mengantongi surat tersebut Pemkab Lebong sudah bisa melakukan peningkatan jalan Mangkurajo yang diplotkan ke dalan APBD Lebong Tahun Anggaran 2020 dengan pagu dana sebesar Rp 10 miliar.

"Insya Allah, dalam waktu dekat akan kita tindaklanjuti," demikian Toso. [tmc]


Komentar Pembaca
Klarifikasi Ambroncius Nababan

Klarifikasi Ambroncius Nababan

SELASA, 26 JANUARI 2021 , 15:15:00

Bincang Sehat • Vaksin Covid-19 Pada Lansia

Bincang Sehat • Vaksin Covid-19 Pada Lansia

JUM'AT, 22 JANUARI 2021 , 15:05:00

RMOL World View • Menjaga Gawang Pertahanan Indonesia
Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

SENIN, 04 JANUARI 2021 , 18:21:00

Tidak Ingin Persatuan Hilang

Tidak Ingin Persatuan Hilang

MINGGU, 15 NOVEMBER 2020 , 07:51:00