Kabar Gembira, Bawaslu BS Buka Pendaftaran PTPS

Daerah  JUM'AT, 02 OKTOBER 2020 , 12:59:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

Kabar Gembira, Bawaslu BS Buka Pendaftaran PTPS

Tampak komisioner Bawaslu BS, M. Noor Tomy saat di konfirmasi awak media/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Untuk mengawal pemilihan kepala daerah (Pilkada) berjalan sukses dan bebas dari pelanggaran, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Bengkulu Selatan (BS) akan merekrut Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) sebanyak 390 orang.

Bagi masyarakat BS yang ingin menjadi pengawas TPS nanti, bisa daftarkan diri di Panwascam di kecamatan masing-masing. Selain di sekretariat Panwascam, persyaratan untuk perekrutan itu juga bisa di lihat di papan informasi baik itu di kantor Camat, Kelurahan dan desa. Atau juga bisa buka laman resmi Bawaslu BS, Bengkuluselatan.bawaslu.go.id.

"Pendaftaran, penerimaan dan penelitian berkas administrasi pendaftaran serta wawancara akan berlangsung selama 13 hari, mulai dari tanggal 3 sampai 15 Oktober," kata M. Noor Tomy, saat di konfirmasi awak media, Jumat (2/10).

Untuk itu, bagi masyarakat BS yang ingin berpartisipasi secara langsung mengawal pelaksanaan pemilihan, segera daftarkan diri. Namun, ada beberapa persyaratan seperti, Warga Negara Indonesia (WNI), berusia paling rendah 25 tahun dan tidak terlibat di partai politik.

Selain itu, berkas yang harus dilengkapi pelamar sedikit berbeda dengan perekrutan sebelumnya, meskipun rujukannya masih Perbawaslu No 19 Tahun 2017. Namun, pada saat ini masa pandemi Covid-19 persyaratan sedikit bertambah. Pendaftar harus melampirkan keterangan kesehatan bebas dari gejala influenza.

"Ada penambahan syarat, jadi bagi pelamar harus bersedia melaksanakan pemeriksaan Rapid Test/RT-PCR atau menggunakan surat keterangan bebas gejala influenza yang dikeluarkan dokter rumah sakit atau otoritas kesehatan," terang Azez.

Adapun para pelamar yang berminat untuk menjadi PTPS, bisa ambil formulir pendaftaran di sekretariat Panwascam masing-masing kecamatan, atau bisa di download di laman resmi Bawaslu BS. Bengkuluselatan.bawaslu.go.id.

"Untuk formulir pendaftaran bisa diambil langsung di sekretariat Panwascam serta tersedia juga di setiap kantor desa/kelurahan, nantinya kita akan merekrut PTPS yang betul-betul berintegritas, untuk memastikan di hari H pelaksanaan Pilkada berjalan dengan baik," pungkasnya. [ogi]


Komentar Pembaca
Klarifikasi Ambroncius Nababan

Klarifikasi Ambroncius Nababan

SELASA, 26 JANUARI 2021 , 15:15:00

Bincang Sehat • Vaksin Covid-19 Pada Lansia

Bincang Sehat • Vaksin Covid-19 Pada Lansia

JUM'AT, 22 JANUARI 2021 , 15:05:00

RMOL World View • Menjaga Gawang Pertahanan Indonesia
Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

SENIN, 04 JANUARI 2021 , 18:21:00

Tidak Ingin Persatuan Hilang

Tidak Ingin Persatuan Hilang

MINGGU, 15 NOVEMBER 2020 , 07:51:00