Dukung Lanjutkan Pendidikan, Pemdes Kayu Ajaran Canangkan Beasiswa Prestasi

Daerah  SELASA, 29 SEPTEMBER 2020 , 00:36:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

Dukung Lanjutkan Pendidikan, Pemdes Kayu Ajaran Canangkan Beasiswa Prestasi

Saat RKPDes Kayu Ajaran Ditetapkan/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Untuk mendukung dan memotivasi siswa-siswi di dunia pendidikan, pemerintah desa (Pemdes) Kayu Ajaran, Kecamatan Ulu Manna Bengkulu Selatan (BS) programkan beasiswa bagi siswa-siswi berprestasi.

Beasiswa untuk Sekolah Dasar (SD) itu diprioritaskan Pemdes Kayu Ajaran pada 2021 mendatang. Bahkan program tersebut sudah disahkan bersama saat musyawarah penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun anggaran 2021 mendatang.

Meskipun ini pertama kali dilakukan, program beasiswa ini diharapkan bisa memacu semangat belajar anak-anak penerus masa depan bangsa ini. Bahkan, program tersebut akan berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya.

"Beasiswa akan kita berikan untuk tingkat SD, mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 yang mendapatkan juara 1,2 dan 3. Kita berharap dengan adanya beasiswa ini anak-anak lebih bersemangat belajar baik di rumah dan sekolah, dan ini akan dilanjutkan ke tahun-tahun berikutnya" sampai sekertaris desa Kayu Ajaran Bambang Hariyanto, kepada RMOLBengkulu usai musyawarah penetapan RKPDes, Senin (28/09) sore.

Salain itu, untuk meningkatkan ekonomi produktif warga desa, Pemdes Kayu Ajaran memprioritaskan bidang pemberdayaan dan pembinaan masyarakat desa. Seperti salah satunya pengadaan hewan ternak, itu dilakukan untuk percepatan pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Di tahun 2021 mendatang, sesuai dengan hasil musyawarah akan kita dahulukan bidang pemberdayaan dan pembinaan sembari menyusul kegiatan fisik. Ini dilakukan untuk meningkatkan ekonomi warga desa," ungkap Bambang.

Sementara itu, ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kayu Ajaran Barlian menambahkan, semua yang telah ditetapkan dalam RKPDes tetap menjadi sekala prioritas. Baik itu pemberdayaan maupun pembangunan. Sebab, kedua item tersebut langsung dirasakan manfaatnya bagi warga.

Adapun yang diprioritaskan untuk pembangunan fisik pada tahun mendatang, rabat beton, plat deaker, peningkatan lapangan olahraga, pembangunan pemandian umum.

"Untuk pembangunan fisik tatap diprioritaskan, namun akan tetap kita lihat pagu anggaran. Mudah-mudahan bisa terbiayai semua," tutup Barlian.

Turut hadir dalam musyawarah penetapan RKPDes tahun 2021 itu, Camat Ulu Manna, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), seluruh perangkat desa, tim pendamping, wakil masyarakat yang tergabung di tim 11 dan unsur tripika. [tmc]

Komentar Pembaca
Klarifikasi Ambroncius Nababan

Klarifikasi Ambroncius Nababan

SELASA, 26 JANUARI 2021 , 15:15:00

Bincang Sehat • Vaksin Covid-19 Pada Lansia

Bincang Sehat • Vaksin Covid-19 Pada Lansia

JUM'AT, 22 JANUARI 2021 , 15:05:00

RMOL World View • Menjaga Gawang Pertahanan Indonesia
Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

Peningkatan Pariwisata Jadi Usulan Prioritas

SENIN, 04 JANUARI 2021 , 18:21:00

Tidak Ingin Persatuan Hilang

Tidak Ingin Persatuan Hilang

MINGGU, 15 NOVEMBER 2020 , 07:51:00