18 Peserta Berebut Empat Kuota Ikatan Dinas

Daerah  KAMIS, 24 SEPTEMBER 2020 , 00:37:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

18 Peserta Berebut Empat Kuota Ikatan Dinas

Kabid Perhubungan, Amiruddin Iskandar/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Sedikitnya 18 peserta asal Lebong telah mengikuti Seleksi Kompetesi Dasar (SKD), untuk merebut program beasiswa untuk kuliah di Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) atau sekolah ikatan dinas.

Ke-18 peserta itu akan ikut seleksi untuk kuota formasi 4 orang tahun 2020 ini. Diantaranya 8 peserta di program studi (prodi) D-IV Transportasi Darat dengan kuota formasi 2 orang. Sedangkan, 10 peserta mendaftar prodi D-III LLAJ dengan formasi 2 orang.

"Semula 20 orang. Tapi ada 2 peserta yang mengundurkan diri. Artinya, ada 18 peserta lagi menunggu proses seleksi," kata Kadis PUPR-P Lebong, Joni Prawinata melalui Kabid Perhubungan, Amiruddin Iskandar sapaan akrabnya, Kemarin (23/9).

Dia menjelaskan, semula kuota untuk Lebong sebanyak 18 orang. Namun, setelah adanya penyesuaian Anjab dan Abk Pemkab Lebong kuota bertambah menjadi 38 orang selama 5 tahun kedepan.

"Tahun 2019 lalu sudah 5 orang sudah menjalani pendidikan. Dengan rincian 3 orang D-IV, dan 2 orang D-III. Tahun ini kuotanya ada tambahan empat orang yang lagi mengikuti seleksi," bebernya.

Banyak pelajar yang sebelumnya ingin melanjutkan pendidikan ke STTD dan yang lainnya, namun tidak lolos saat mengikuti tes. Karena hal itulah Pemkab berinisiatif untuk bekerja sama dengan salah satu lembaga pendidikan ikatan dinas (LPID) dan akhirnya menemukan STTD.

"Sudah pasti lolos karena ada MoU. Yang diambil nanti nilai tertinggi dan itu panitia seleksinya dari pusat," demikian Amir.

Untuk diketahui, program beasiswa ini khusus untuk kuliah di STTD dibuka untuk pelajar asal Lebong sebagai calon taruna (catar) tahun ajaran 2020-2021.

Disisi lain, tahapan seleksinya hampir serupa dengan penerimaan CPNS, yaitu akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar, tes Akademik, Kesehatan, Kesamaptaan, dan tes Wawancara. [tmc]



Komentar Pembaca