Tabungan Nasabah Raib, Pincab BRI Curup: Kemungkinan Skimming Card

Daerah  SENIN, 21 SEPTEMBER 2020 , 17:59:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Tabungan Nasabah Raib, Pincab BRI Curup: Kemungkinan Skimming Card

David A Saxono/RMOLBengkulu

Salah satunya yang dialami oleh Rozi Saputra, menurutnya, saat istrinya hendak mengambil uang secara tunai di ATM pada Minggu malam (20/9) kemarin diketahui isi di tabungannya sudah habis.

"Kartu ATM sama istri, saat hendak menarik uang ketika cek saldo ternyata sudah habis, padahal sebelumnya terakhir di cek ada sekitar Rp 2 jutaan, saldo terakhir tinggal Rp 100 ribu," kata Rozi saat mendatangi kantor BRI Cabang Curup, Senin (21/9).

Dirinya tidak mengetahui kapan saldo ditabungannya tersebut berkurang, mengingat dirinya tidak mendapat pemberitahuan melalui SMS Banking.
"Dapat kabar dari temen istri yang sekantor juga katanya, saldo tabungannya juga hilang," bebernya.

Sementara itu Pimpinan Cabang BRI Curup, David A Saxono mengakui adanya tabungan nasabahnya yang berkurang tanpa transaksi, kejadian tersebut saat masih masih ditelusuri pihaknya.

"Kami memohon maaf kepada nasabah atas ketidaknyamanan ini, sesuai dengan laporan beberapa nasabah mengeluhkan adanya transaksi pendebetan rekening tanpa sepengetahuan nasabah," kata David dikonfirmasi diruang kerjanya.

Berdasarkan laporan yang diterima secara resmi pihaknya, terdapat sebanyak 14 nasabah yang mengalami hal tersebut dengan besaran kerugian bervariasi, yang ditotal mencapai Rp 40 juta.

Terkait kejadian tersebur, pihaknya telah berkomunikasi dengan tim IT di pusat untuk mengetahui permasalahan yang terjadi, apakah karena pengembangan sistem atau adanya aktivitas ilegal.

"Secara kami teliti secara internal, ternyata dari 14 nasabah ini kebanyakan kartunya jenis Magnetik Stripe bukan yang ber Chip, makanya indikasi awal kami ini kasus Skimming Card," bebernya.

Jika memang kejadian tersebut akibat Skimming Card dan hukan karena kesalahan nasabah, maka pihaknya menjamin tabungan nasabah yang hilang tersebut akan diganti.

"Untuk itu, bagi nasabah yang rekeningnya terdebit tanpa sepengetahuan segera lapor ke unit BRI terdekat, dengan bawa kartu ATM, buku tabungan untuk kita tindaklanjuti," sampainya.

Terkait dengan adanya indikasi Skimming tersebut, pihaknya juga berharap kepada para nasabah yang masih menggunakan kartu ATM lama untuk segera mengganti dengan kartu ATM yang meenggunakan Chip. [ogi]

Komentar Pembaca