Pemkab Sebut Postur APBD Murni Beberapa Kali Mengalami Perubahan Sepanjang 2020

Daerah  RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 06:57:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Pemkab Sebut Postur APBD Murni Beberapa Kali Mengalami Perubahan Sepanjang 2020

Rapat paripurna nota pengantar R-APBD-P TA 2020 Pemkab Lebong, Selasa (15/9)/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong mengatakan ada perubahan pendapatan daerah tahun 2020 dari yang direncanakan sebelumnya.
Hal itu diungkapkan oleh Sekda Lebong, Mustarani saat menyampaikan saat nota pengantar keuangan Rencangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (R-APBD-P) tahun anggaran (TA) 2020 di Gedung Paripurna DPRD Lebong, Selasa (15/9) kemarin.

Menurutnya, postur APBD murni tahun anggaran 2020 memang sudah beberapa kali terjadinya perubahan yang dituangkan melalui Peraturan Kepala Daerah (Perkada).

Imbasnya, sistem pengelolaan keuangan di Kabupaten Lebong menjadi tak sehat.

"Maka kita masukan di dalam APBD perubahan seperti ini. Kita rapikan keuangan-keuangan selama cukup melalui Perkada-perkada sesuai dengan peraturan pemerintah tersebut, sehingga menjadi rapi," ucap Mustarani, kemarin (15/9).

Dia mengaku, yang menjadi fokusnya di APBD Perubahan 2020 ini adalah sektor pendapatan. Sebab, banyak sekali pendapatan tidak capai target. Sekalipun belanja lebih besar dari pendapatan. Sehingga, Lebong kerap mengalami defisit anggaran.

"Walaupun sebenarnya perkada itu sendiri sudah cukup dan dibolehkan sesuai peraturan pemerintah. Tetapi, karena ini ada perubahan lebih baik kita masukan," ungkap Mustarani.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Lebong, Carles Ronsen berharap, rasionalisasi dan refocusing belanja pada struktur APBD TA 2020 kemarin seyogianya tidak berpengaruh terhadap kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam melayani masyarakat.

"Mari kita tetap semangat, kerja keras dan bersatu menjaga daerah kita supaya tetap zona hijau serta terhindar dari Covid-19 sampai dengan pansemi ini berakhir," singkatnya. [tmc]




Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00