Anggarkan Ratusan Juta, 6 Unit Kapal DKP Untuk Nelayan Segera Mendarat

Pemerintah Kota Bengkulu  JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 17:36:00 WIB | LAPORAN: AJI FAISAL

Anggarkan Ratusan Juta, 6 Unit Kapal DKP Untuk Nelayan Segera Mendarat

Kepala DKP Kota Bengkulu, Syafriandi/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Setelah berhasil mendatangkan ratusan unit mesin kapal Berbahan Bakar Gas (BBG), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bengkulu kembali akan memberikan bantuan kapal kepada para nelayan.

Kepala DKP Kota, Syafriandi menyebut jika pihaknya akan memberikan bantuan kapal sebanyak 6 unit kepada para nelayan Kota Bengkulu. Biaya yang harus dikeluarkan untuk bantuan kapal inipun mencapai 680 juta rupiah.

"Insyaallah dalam waktu dekat kita kembali berikan bantuan kapal sebanyak 6 unit. Saat ini masih dalam proses lelang," kata Syafriandi saat dihubungi RMOLBengkulu, Jumat (11/09).

Ia pun menegaskan jika bantuan kapal dibawah 3 gt yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kota Bengkulu tahun 2020 tersebut nantinya akan diberikan secara gratis kepada kelompok nelayan Teluk Sepang.

"Kita berikan bantuan kapal secara gratis, harapannya agar program 1001 kapal yang telah kita canangkan dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan, kedepan jangan ada lagi nelayan yang tidak bisa mencari nafkah karena alasan belum punya kapal," ungkapnya.

Kendati bakal diberikan secara cuma-cuma, beliau juga mengingatkan agar bantuan kapal nantinya tidak boleh diperjualbelikan.

"Tidak boleh dijual, nanti akan ada tim kita yang memantau bantuan-bantuan yang telah kita salurkan itu. Kalau nanti ada temuan nelayan yang menjual bantuan dari pemerintah, maka ancamannya bisa pidana," tegasnya.

Untuk diketahui sejak kepemimpinan Syafriandi, DKP Kota telah memberikan bantuan kapal sebanyak 13 unit dan bakal menjadi 19 unit jika bantuan kapal sebanyak 6 unit ini selesai diserahkan pada akhir tahun 2020 ini. Selain memberikan kapal, DKP era Syafriandi juga telah menyalurkan hampir 500 unit mesin kapal BBG dan ratusan ribu benih ikan kepada para nelayan. [ogi]

Komentar Pembaca