Tampung Usulan Warga, Desa Kota Bumi Gelar Musyawarah RKPDes

Daerah  JUM'AT, 14 AGUSTUS 2020 , 14:18:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

Tampung Usulan Warga, Desa Kota Bumi Gelar Musyawarah RKPDes

Saat musyawarah RKPDes Kota Bumi/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Untuk mengawali pembangunan yang diharapkan oleh masyarakat, pemerintah desa Kota Bumi, Kecamatan Pino, Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) menggelar musyawarah Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2020 untuk pembangunan tahun anggaran 2021 mendatang, Kamis (13/08).

Musyawarah yang melibatkan perwakilan warga, tokoh-tokoh masyarakat, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan seluruh pemerintah desa itu berlangsung di Aula kantor desa setempat.

Dalam kesempatan itu, sedikitnya tercatat 18 item kegiatan usulan dari masyarakat, namun dari semua usulan tersebut akan dibahas kembali oleh tim 11 atau tim panitia pembangunan agar pembangunan yang dilakukan menjadi sekala prioritas bagi masyarakat desa.

"Usulan tetap akan ditampung dan akan kita bahas dalam musyawarah penetapan RKPDes, nanti akan kita serahkan kepada tim 11 agar pembangunan yang dilakukan bermanfaat bagi masyarakat," kata Kepala desa Kota Bumi Marsin, usai kegiatan tersebut.

Tim 11 yang merupakan perhimpunan para pihak di desa diberikan penguatan dalam upaya merumuskan atau menyusun RKP desa. Sesuai dengan Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembanguan Desa.

"Untuk usulan pembangunan dari masyarakat sepenuhnya akan diserahkan ke tim 11, agar pembangunan nantinya terarah serta menjadi pembangunan sekala prioritas bagi masyarakat. Dan apabila nantinya  usulan yang tidak terakomodir oleh Dana Desa (DD) maka akan kami usulkan ke tingkat kabupaten ataupun Provinsi," sampai kades.

Sementara itu, Ketua BPD Kota Bumi, Sainudin mengatakan, Dalam rangka mempersiapkan program pembangunan yang akan dilaksanakan sebelum tahun anggaran baru kegiatan itu sangat di butuhkan aspirasi masyarakat, sebab pembangunan desa untuk masyarakat desa.

"Aspirasi masyarakat sungguh diharapkan dalam rencana pembangunan ini, sebab masyarakat yang lebih tahu akan apa yang dibutuhkan pada tahun berikutnya, dan kami sangat berharap pembangunan pada tahun 2021 yang menjadi prioritas bagi masyarakat desa Kota Bumi," tutupnya. [ogi]


Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00