Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bawaslu Kaur Gandeng PWI

Politik  KAMIS, 13 AGUSTUS 2020 , 14:48:00 WIB | LAPORAN: DESI FATRIANSYAH

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bawaslu Kaur Gandeng PWI

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bawaslu Kaur Gandeng PWI/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Bawaslu Kabupaten Kaur menggandeng Persatuan Wartawan Indonesa (PWI) untuk Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dengan tema 'peran serta media dalam pengawasan pemilihan serentak di Kabupaten Kaur tahun 2020'.

Pemilihan umum merupakan perwujudan dari kedaulatan rakyat yang merupakan negara demokrasi. Pemilihan umum diharapkan menjadi ajang kompetisi yang sehat, partisipatif dan memiliki mekanisme pertanggungjawaban yang jelas, maka penyelenggaraan pemilu harus dilaksanakan secara lebih berkualitas dari waktu ke waktu. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas adalah dengan meningkatkan fungsi pengawasan pemilu.

"Iya hari ini bawslu melakukan sosialisasi mengenai pengawasan partisipatif dalam pelaksanan pilkada, dalam proses pengawasan itu pers punya peranan yang sangat penting, karena pers itu punya pungsi deplomasi dalam proses demokrasi ini, pers itu bisa bekerja sebagai pengawal jalanya demokrasi, jalanya pemilihan serentak apa yang dilakukan pers tadi yang sudah kita saksikan bersama," ucap Zaki Antoni, Ketua Persatuan Wartawan Indonesa(PWI) Provinsi Bengkulu.

Untuk diketahui pers itu bisa berperan sebagi media yang menjadi perantara antara kandidat calaon dengan masyarakat yang akan memilih, misalnya pers itu memberikan ruang pasangan kandidat untuk mensosialisasikan dirinya kepada masyarakat.

Melakukan pencitraan mengeksplor keunggulan-keunggulan pribadinya itu dapat dilakukan di media, tentu saja membangun pencitraan itu juga harus ada rambu-rambu jangan menyerang,
pers juga bisa berperan manjadi anjing pemantau bagi jalannya proses pemilihan serentak 2020.

Harapan saya media-media yang ada di Kabupaten Kaur bisa bekerja secara maksimal berpegang teguh pada kode etik jurnalis dan ikut menjadi bagian yang memberikan kontribusi dalam pemilihan serentak Kabupaten kaur 2020 secara propisonal. [ogi]

Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00