Operasi Patu Nala 2020 Berakhir, 80 Pelanggar Ditilang

Daerah  SABTU, 08 AGUSTUS 2020 , 04:57:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Operasi Patu Nala 2020 Berakhir, 80 Pelanggar Ditilang

Iptu Panehan WS/Ist

RMOLBengkulu. Operasi Patuh Nala tahun 2020 yang digelar Satuan Poliasi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lebong, secara resmi telah berakhir pada Rabu (5/8) kemarin.
Kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 23 Juli hingga 5 Agustus 2020 lalu itu, jajaran Satlantas berhasil menjaring sebanyak 80 pelanggar lalu lintas dalam diwilayah hukumnya.

Kapolres Lebong, AKBP Ichsan Nur melalui Kasat Lantas, Iptu Panehan WS menyebutkan, selama giat operasi patuh nala tahun 2020 ini pihaknya berhasil menjaring sebanyak 80 pelanggar lalu lintas, pada razia yang ditindak dengan bukti pelanggaran tilang.

"Operasi patuh nala tahun 2020 sudah berakhir dan kita berhasil mengamankan atau menjaring 80 pengendara yang melanggar dalam razia ditindak dengan bukti tilang," ungkap Kasat, kemarin Kamis (6/8).

Kasat menjelaskan, jika dibandingkan dengan jumlah tilang pada tahun lalu mengalami penurunan signifikan. Dimana, pada Operasi patuh nala tahun 2019 lalu tercatat sebanyak 284 pelanggar, sementara tahun ini hanya 80 pelanggaran.

Sedianya, kata Kasat, terkait ini kesadaran masyarakat terhadap peraturan lalu lintas sudah mulai meningkat.

Menurutnya, dari jumlah pelanggaran tersebut didominasi pelanggaran terhadap tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) habis masa berlaku sebanyak 25 pelanggaran.

Kemudian, anak dibawah umur sebanyak 20 pelanggar, tidak menggunakan helem 15 pelanggar, melawan arus 10 pelanggar dan melebihi kecepatan maksimal sebanyak 10 pelanggar.

"Dalam operasi patuh nala tahun 2020 yang kita gelar, ada dua kendaraan dinas (plat merah, red) roda dua yang kita amankan dan untuk pemiliknya kita lakukan gakum untuk membayar pajak kendaraannya," ungkap Kasat.

Di sisi lain, petugas juga mencatat ada sebanyak 360 pengendara yang diberikan teguran karena tidak menggunakan masker saat berkendara. Menurutnya, mereka yang tidak menggunakan masker tersebut pihaknya juga membagikan masker gratis.

Selain itu, masih Kasat, pihaknya juga melaksanakan pemasangan spanduk sebanyak 15 tempat dan penyebaran brosur atau leaflet sebanyak 139 lembar serta penyebaran sticker sebanyak 370 lembar.

Terlebih, operasi di tengah pandemi Covid-19 kegiatan lebih di perbanyak ke preemtif dan preventif disamping penertiban lalu lintas, juga melaksanakan penertiban terhadap masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

"Kita menghimbau agar masyarakat Kabupaten Lebong tetap mematuhi peraturan lalu lintas melengkapi surat-surat kendaraan, tidak melawan arus, menggunakan helm bagi pengendara roda dua. Mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung kami berharap agar masyarakat tetap menaati protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus tersebut," imbuh Kasat. [tmc]



Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00