Menteri Tito Karnavian Apresiasi Pemkab Rejang Lebong

Nusantara  KAMIS, 06 AGUSTUS 2020 , 16:53:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Menteri Tito Karnavian Apresiasi Pemkab Rejang Lebong

Menteri Dalam Negeri Launching pengoperasian Mobil Swab dan Gerakan Sejuta Masker/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong yang dinilai serius dalam upaya penanggulangan pencegahan Covid-19.
Hal itu disampaikan saat dirinya melakukan Lauching pengoperasian mobil tes Swab atau Mobile Laboratory Biosafety Level-2 dan gerakan sejuta masker di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu.

"Yang saya tau juga di Sumatera baru disini yang punya mobil Swab. Mobile Laboratory Biosafety standar 2 ini bagus, kemarin di Surabaya dikirim dua tapi lebih kecil dari ada ini.Saya memberikan apresiasi kepada pak bupati untuk hal ini," kata Tito dalam sambutannya, Kamis (6/8).

Menurut dia, Kabupaten Rejang Lebong cukup serius dalam menanggulangi Covid-19 dengan menyediakan mobil Swab keliling meski secara fiskal tidak terlalu besar dibanding daerah lain seperti di Jawa dan daerah lainnya, serta zonanya masih termasuk zona hijau.

"Ini sangat positif sebagai bentuk langkah antisipatif, saran saya nanti bupati melakukan langkah agresif, tidak hanya di rumah sakit, tetapi melaikan tes Swab melakukan tes ke masyarakat, ke sekolah-sekolah, sehingga tau data sebenarnya di Rejang Lebong," ujarnya.

Selain itu, dirinya juga mengapresiasi gerakan sejuta masker, dimana dirinya sempat menantang seluruh kepala daerah untuk mengadakan masker ke masyakarat, bagi yang menyediakan masker diatas satu juta dirinya akan datang untuk memberikan apresiasi, termasuk kedatangannya ke Rejang Lebong.

"Bukan satu jutanya, tetapi bagi saya kepeduliannya, jadi satau juta masker untuk masyarakat Rejang Lebong yang 300 ribu itu sudah melebihi masyarakat Rejang Lebong. Jujur," ujarnya.

"Ini pertama kalinya saya melaunching satu juta masker di pulau Sumatera, sebenarnya saya ingin memancing, dengan datang ke Rejang Lebong saya ingin daerah lain buat gerakan yang sama, Kampung saya sendiri Sumatera Selatan belum ada," timpalnya.

Disisi lain, Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi menyampaikan, apa yang dilakukan Pemkab Rejang Lebong merupakan upaya nyata untuk penanggulangan dan pencegahan Covid-19, sehingga Rejang Lebong dapat benar-benar Zero Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Menteri Tito juga memeberikan penghargaan kepada Pemoab Rejang Lebong berupa mesin anjungan kependudukan dan pencatatan sipil (Capil) mandiri, serta memberikan satu unit mobil pemadam kebakaran untuk Pemkab Kepahiang. [ogi]


Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00