Sukses Datangkan Ratusan Mesin Kapal BBG, DKP Bersiap Bangun Pangkalan Gas Untuk Nelayan

Pemerintah Kota Bengkulu  RABU, 05 AGUSTUS 2020 , 19:27:00 WIB | LAPORAN: AJI FAISAL

Sukses Datangkan Ratusan Mesin Kapal BBG, DKP Bersiap Bangun Pangkalan Gas Untuk Nelayan

Kepala DKP Kota, Syafriandi/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Setelah sukses mendatangkan bantuan dari Kementerian berupa mesin kapal Berbahan Bakar Gas (BBG), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bengkulu berencana untuk segera membangun pangkalan gas untuk para nelayan.

Kepala DKP Kota, Syafriandi menyebut jika pembangunan pangkalan ini sangat penting untuk menjamin ketersediaan gas agar dapat digunakan oleh para nelayan. Selain memastikan ketersediaan bahan bakar aman, pangkalan gas tersebut nantinya diharapkan dapat menekan biaya operasional para nelayan ketika melaut.

"InsyaAllah kita akan perjuangkan pembangunan pangkalan gas. Ini penting untuk menjamin ketersediaan bahan bakar, juga dapat menekan biaya karena tabung gas melon ini akan dijual dengan Harga Eceran Tertinggi (HET)," katanya saat dihubungi RMOLBengkulu, Rabu (05/08).

Menurutnya pihaknya sudah mendapat izin dan rekomendasi dari Pertamina sebagai penyedia tabung gas yang akan digunakan para nelayan. Pangkalan gas tersebut nantinya akan dikelola oleh koperasi dibawah naungan DKP Kota Bengkulu.

Untuk diketahui jika DKP Kota sendiri tahun lalu berhasil mendapatkan bantuan mesin kapal BBG sebanyak 145 unit dan semuanya telah disalurkan kepada nelayan. Tahun ini pun DKP kembali mendapat bantuan mesin kapal BBG sebanyak 348 unit dari pusat dan dijadwalkan akan dibagikan kepada para nelayan bulan Oktober mendatang.

"Pangkalan gas ini nanti akan dikelola oleh koperasi. Nelayan tidak akan kesusahan lagi mencari tabung gas, karena ini memang kita khususkan bagi mereka," ucapnya.

Selain membangun pangkalan gas, tahun ini DKP juga berencana akan membangun pabrik es dan rumpon. Untuk mewujudkan semuanya, DKP Kota membutuhkan anggaran sekitar 6,5 M.

"Kita sudah buat perencanaannya, semoga nanti di APBD-Perubahan ini dapat dianggarkan oleh legislatif," tutupnya. [tmc]

Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00