5.326 Berkas Dukungan Perbaikan SAHE TMS

Politik  RABU, 05 AGUSTUS 2020 , 19:19:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

5.326 Berkas Dukungan Perbaikan SAHE TMS

Visco Putra Alexander/ RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pasca dilakukan verifikasi administrasi, dari sebanyak 15.973 berkas dukungan perbaikan yang diserahkan pasangan Syamsul Efendi - Hendra Wahyudiansyah (SAHE), sebanyak 5.326 berkas dinyatakan tidak memenuhi syarat atau TMS.
"Berdasarkan hasil verifikasi administrasi mulai tanggal 27 Juli hingga 4 Agustus kemarin, kita menemukan sebanyak 5.326 dukungan yang dinyatakan TMS, artinya yang memenuhi syarat sebanyak 10.647," kata Koordinator Divisi Tekhnis Penyelenggaraan Pemilu KPU Rejang Lebong, Visco Putra Alexander, Rabu (5/8).

Dia memaparkan, dari sebanyak 5.326 berkas dukungan yang dinyatakan TMS itu, sebanyak 4.770 berkas merupakan dukungan awal yang diserahkan kembali untuk berkas perbaikan, yang kemudian berkas dukungan tersebut langaung mereka coret.

Berkas dukungan awal yang diserahkan kembali dalam tahap perbaikan itu dibeberkan dia terdeteksi secara otomatis saat di input di Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU, yang kemudian dilakukan pemeriksaan secara manual oleh tim verifikasi.

"Dalam Silon terdekteksi secara otomatis, kemudian dilakukan pemeriksaan secara manual dan ditemukan mencapai 4.770 dukungan. Ini tidak bisa lagi diturunkan, karena sudah di verifikasi faktual di awal," imbuhnya.

Pasca dilakukan verifikasi administrasi, selanjutnya berkas dukungan perbaikan itu akam dilakukan veridikasi faktual di tingkat PPS terhitung 8 sampai 16 Agustus nanti.

Verifikasi faktual sendiri nantinya berbeda dengan sebelumnya, dimana PPS akan melaksanakannya secara pasif yakni menunggu, karena penghubung atau LO akan mengumpulkan para pendukungnya dalam satu tempat, dan jika nantinya masih ada yang belum berhasil dikumpulkan bisa mendatangi PPS.

Untuk diketahui, berkas dukungan syarat pencalonan jalur persorangan paaangan SAHE sebelumnya masih kurang sebanyak 4.904 dukungan dari syarat minimal sebanyak 20.334 dukungan. [tmc]


Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00