Ketua KPK Dapat Dukungan Soal Wacana Hukuman Mati Bagi Koruptor Dana Covid-19

Nusantara  SELASA, 04 AGUSTUS 2020 , 07:32:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Ketua KPK Dapat Dukungan Soal Wacana Hukuman Mati Bagi Koruptor Dana Covid-19

Ketua KPK Firli Bahuri/Net

RMOLBengkulu. Wacana tuntutan hukuman mati bagi para pelaku tindak pindana korupsi di tengah pandemi Covid-19, yang dilontarkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPk) Firli Bahuri, mendapat respon dari pengamat hukum Syahrir Irwan Yusuf.

Menurut Syahrir, apa yang disampaikan Firli telah sesuai dengan Undang Undang Tindak pidana korupsi.

Yang mana termaktub dalam pasal dan penjelasan pasal tersebut berikut ini ; selanjutnya, pada Pasal 2 ayat (2) disebutkan, dalam hal tindak pidana korupsi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dilakukan dalam keadaan tertentu pidana mati dapat dijatuhkan,” demikian kata Syahrir.

Lebih lanjut Syahrir menyebutkan, pada Pasal 2 ayat 2, yang dimaksud k”keadaan tertentu” adalah keadaan yang dapat dijadikan alasan pemberatan tindak pidana bagi pelaku korupsi.

Yaitu apabila tindak pidana tersebut dilakukan terhadap dana-dana yang diperuntukan bagi penanggulangan keadaan bahaya, bencana alam nasional, penanggulangan akibat kerusuhan sosial yang meluas, penanggulangan krisis ekonomi dan moneter, dan pengulangan tindak pidana korupsi,” demikian penjelasan Syahrir, dilansir dari Kantor Berita Politik RMOL.

Lebih lanjut Syahrir berpendapat, apabila ada pihak yang meragukan pernyataaan Firli Bahuri justru harus dipertanyakan sejauh mana komiymennya terhadap kerja pemberantasan korupsi.

Semestinya mengapresiasi dan mensupport sikap KPK dalam menerapkan hukuman mati pada pelaku korupsi saat pandemi Covid-19 sekarang ini. Bukan malah bersikap apriori dan hanya mengkritisi asal bunyi,” sesal Syahrir. [tmc]



Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00