Penanganan Covid-19, Pakar: Ibarat Diserang Dari Segala Penjuru, Pemerintah Malah Sibuk Kumpulkan Puing-puing

Nusantara  SENIN, 03 AGUSTUS 2020 , 07:44:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Penanganan Covid-19, Pakar: Ibarat Diserang Dari Segala Penjuru, Pemerintah Malah Sibuk Kumpulkan Puing-puing

Faisal Basri/RMOLJabar

RMOLBengkulu. Krisis ekonomi di Indonesia sudah mendekat ditengah peningkatan tren kasus virus corona baru (Covid-19). Hal itu membuat para analis ekonomi semakin khawatir.

Ekonom senior Faisal Basri berpandangan, cara berpikir pemerintah harus benar dalam penanganan pandemic Covid-19.

Menurutnya, karena penyebab krisi ini adalah masalah kesehatan maka yang harus dilakukan pemerintah adalah mengerahkan segala sumberdaya untuk penangan Covid-19  terlebih dahulu untuk kemudian membangkitkan ekonomi.

Bagi Faisal, prioritas pemerintah saat ini seharusnya adalah keselamatan warga baru kemudian penanganan maslah ekonomi nasional.

Ia mengkritik tajam strategi pemulihan ekonomi sebagai langkah pemerintah dalam penanganan wabah Covid-19.

Apalagi kompsosisi anggaran penanganan Covid-19 lebih besar untuk pemulihan ekonomi ketimbang penangann sektor kesehatannya.

"Strategi menjinakkan virus tak kunjung ada, sekadar strategi testing dan contact tracing saja tak ada. Mau berharap apa lagi?” tulis Faisal Basri dalam akun Twitter pribadi, Minggu (2/8).

Faisal Basri mengibaratkan apa yang dilakukan pemerintah itu seperti sebuah kerajaan yang diserang musuh dari segala penjuru, tapi yang dilakukan sebatas membersihkan puing-puing.

Dalam analisa Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) ini, tidak ada langkah untuk memburu dan menaklukkan para penyerang.

Dirinya tegas menyatakan bahwa virus bukan hantu yang benar-benar tidak terlihat.

"Virus merupakan makhluk hidup yang wujud.Virus bukan hantu. Sosoknya jelas ada. Cara mengetahuinya dengan testing,” demikian Faisal Basri dikutip Kantor Berita Politik RMOL [tmc]

Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00